Tingkatkan Daya Saing Daerah, IAIN Kudus dan Pemkab Jepara Jalin Kerja Sama

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 21:39 WIB
Rektor IAIN Kudus (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)
Rektor IAIN Kudus (suaramerdeka.com/Septina Nafiyanti)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com- Dalam rangka sinergi Tri Dharma perguruan tinggi serta peningkatan daya saing daerah, IAIN Kudus menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

Hal ini dituangkan dalam Kesepakatan Bersama yang ditandatangani oleh Rektor IAIN Kudus dan Bupati Kabupaten Jepara.


Kesepakatan Bersama ini dilakukan untuk memanfaatkan sumber daya yang ada baik dari IAIN Kudus maupun Pemkab Jepara dalam melakukan sinergi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah di Kabupaten Jepara.


Rektor IAIN Kudus Mudzakir, menuturkan, kesepakatan bersama ini menjadi pintu pembuka jalan kolaborasi dan sinergi antara IAIN Kudus dan Pemerintah daerah di sekitar IAIN Kudus khususnya di wilayah Kabupaten Jepara.


Mudzakir berharap perguruan tinggi tidak hanya menjadi menara gading, tapi mampu berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah kabupaten daerah.

Terutama dalam hal pelaksanaan penelitian, yang bisa digunakan pemerintah daerah sebagai dasar dalam membuat kebijakan publik.


''Penelitian itu kompetensinya kampus, kita memiliki anggaran untuk penelitian melalui bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN). Kebijakan publik dasarnya harus penelitian, bukan hanya berdasarkan asumsi, karena jika hanya berdasarkan asumsi tidak memiliki dasar yang valid,'' tegasnya.


Dari hasil penelitian tersebut, menurut Mudzakir, juga dapat diimplementasikan dalam wilayah pengabdian kepada masyarakat oleh kampus, bisa berupa desa binaan.

Dengan adanya penandatanganan Kesepakatan Bersama ini Rektor berharap segera ada tindak lanjut berupa Perjanjian Kerjasama sehingga tertuang aksi-aksi yang akan segera diimplementasikan, sehingga baik IAIN Kudus maupun Pemkab Jepara bisa saling berkontribusi pada masyarakat.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim KKN IK IAIN Kudus Beri Edukasi Sertifikasi Halal

Minggu, 25 September 2022 | 10:47 WIB

Loloskan 15 Judul, UMK Diundang dalam PKM Award

Rabu, 21 September 2022 | 18:29 WIB

Sah, UMK Buka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Rabu, 21 September 2022 | 13:43 WIB
X