Matangkan Ilmu Falak, Siswa MA Salafiyah Kajen Jalani Praktik di Observatorium UIN Walisongo

- Rabu, 25 Januari 2023 | 08:02 WIB
Sejumlah siswa MA Salafiyah Kajen saat praktik rukyat hilal di observatorium dan planetarium UIN Walisongo Semarang Minggu (22/1). (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sejumlah siswa MA Salafiyah Kajen saat praktik rukyat hilal di observatorium dan planetarium UIN Walisongo Semarang Minggu (22/1). (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Untuk mematangkan ilmu falak, seluruh siswa kelas XII Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kajen diajak belajar langsung di observatorium dan planetarium UIN Walisongo Semarang.

Mereka menjajal praktik rukyat hilal serta mendalami ilmu falak yang telah didapatkan baik dalam kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Sebelum kegiatan dimulai, mereka diberi pelatihan singkat rukyat hilal oleh Kepala Observatorium UIN Walisongo Semarang, M Ihtirozun Ni’am. Materi pelatihan meliputi Kajian Fiqh Rukyatul Hilal dan Instrumentasi Rukyatul Hilal.

Dalam pelatihan tersebut para siswa juga diberi kesempatan untuk memasang salah satu koleksi teleksop robotik. Setelah pelatihan, barulah para siswa diajak menjelajah jagat raya di gedung teater Planetarium.

Para siswa pun diajak merasakan simulasi susunan bintang dan benda langit, seperti planet, sistem tata surya, lubang hitam (big bang). Barulah kemudian mereka dilatih praktik rukyat hilal di Observatorium.

Baca Juga: Pati Hari Ini : Kerusakan Jalan Kayen–Beketel Bikin Anjlok Minat Kunjungan Wisatawan

Baca Juga: Rembang Hari Ini : Gunakan 15 Bus, 601 Perangkat Desa Berangkat ke Jakarta, Usung Dua Misi

Kesempatan itupun tampak dimanfaatkan dengan maksimal oleh para siswa. Apalagi saat praktik rukyat hilal tersebut bertepatan pada tanggal 29 Jumadil Akhir 1444 sebagai penentu 1 Rajab 1444 H.

Masrukhan, kepala MA Salafiyah Kajen mengungkapkan, kegiatan tersebut menjadi wujud komitmen madrasah dalam menjadikan Ilmu Falak sebagai salah satu program unggulan madrasah.

“Ini menjadi bekal penting bagi para siswa kedepannya. Terutama dalam mendalami ilmu falak,” terangnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaum Milenial Diajak Berani Tolak Politik Uang

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB

MAN 1 Jepara Kawal Siswanya Sampai Perguruan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:30 WIB

Jepara Tunda Penggabungan SD Negeri, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 | 12:26 WIB
X