MTs Tarbiyatul Banin Gelar Olimpiade Sains Nasional, Begini Cara Daftarnya

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 05:57 WIB
MTs Tarbiyatul Banin Gelar Pati Olimpiade Sains Nasional. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
MTs Tarbiyatul Banin Gelar Pati Olimpiade Sains Nasional. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

Pati, suaramerdeka-muria.com - Kendati relatif jauh dari pusat kota tak menyurutkan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Tarbiyatul Banin Pati maju dan berprestasi. Bahkan, dalam waktu dekat pihaknya menggelar event bergengsi level nasional.

Event bertajuk Banin Olympiad of Science (BOS) 2023 itu, berlangsung pada 19 Februari. Olimpiade berskala nasional tersebut dibuka untuk seluruh siswa SD/MI di Indonesia.

"Olimpiade merupakan ajang tahunan yang digelar MTs Tarbiyatul Banin. Tahun ini, sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 MTs Tarbiyatul Banin," ujar Kepala MTs Tarbiyatul Banin Pati KH Yusuf Hasyim, Jumat (20/1).

Lebih lanjut dia menjelaskan, ajang kompetisi akademik itu sebagai upaya memfasilitasi siswa SD/MI di seluruh Indonesia untuk berprestasi. Sekaligus menjadi sarana evaluasi kemampuan untuk mengembangkan kapasitas diri dan kompetensi secara mendalam.

Baca Juga: Tahapan Pelaksanaan Haji 2023 Dimulai, Begini Gambaran Kuota untuk Jemaah Rembang

Baca Juga: Porprov Jateng 2023, Pati Siapkan 1.200 Kamar Hotel

Olimpiade, lanjut dia, juga mengajak seluruh pelajar Indonesia untuk mengembangkan diri sebagai generasi muda yang unggul, baik akademik maupun non-akademik. Harapannya, agar menjadi insan berilmu dan mempunyai kepribadian yang berakhlakul karimah.

Ihtiar tersebut, menurutnya mengingatkan kembali akan perjuangan pendiri Kementerian Agama (Kemenag). Salah satunya, berupaya keras meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah sesuai dengan visi dan misi Kemenag RI.

Yusuf mengakui, MTs Tarbiyatul Banin berada di pinggiran Kabupaten Pati lantarak berjarak 16 kilometer dari pusat kota Pati. Kendati demikian, madrasah yang bertempat di di Desa Pekalongan, Kecamatan Winong mampu menunjukkan prestasi dan kemajuannya. Madrasah tersebut memiliki program unggulan tahfidz dan sains.

"Alhamdulillah siswa dan guru kami sering meraih prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Bahkan, MTs Tarbiyatul Banin juga meraih Sahabat Madrasah Award 2021," papar kiai yang juga ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pati ini.

Sementara, pendaftaran Banin Olympiad of Science dibuka mulai 15 Januari hingga 15 Februari melalui link https://bit.ly/Bos_2023. Peserta merupakan kelas 4, 5, dan 6 SD/MI dari seluruh wilayah Indonesia. Adapun pelaksanaan Olimpiade pada 19 Februari dan pengumuman pemenang pada 24 Februari.

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Contoh Teknologi Pendidikan Saat Ini

Senin, 20 Maret 2023 | 14:51 WIB
X