Gelar Karya P5 SMAN 1 Jepara Mendorong Siswa Berkarakter Hebat

- Jumat, 9 Desember 2022 | 11:33 WIB
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama sejumlah pejabat dan Kepala Sekolah Ngaripah mencicipi dawet buatan siswa Kelas X SMAN 1 Jepara pada Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Aula Sekolah, Kamis(8/12). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Penjabat Bupati Jepara Edy Supriyanta bersama sejumlah pejabat dan Kepala Sekolah Ngaripah mencicipi dawet buatan siswa Kelas X SMAN 1 Jepara pada Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Aula Sekolah, Kamis(8/12). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Kurikulum Merdeka Belajar yang belum lama ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan. Salah satu hal yang membedakan kurikulum merdeka belajar dengan kurikulum sebelumnya adalah adanya kegiatan berbasis Proyek, yang bernama Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

‘’Kegiatan  P5 sangat bermanfaat bagi peserta didik, antara lain untuk memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga yang aktif, melatih kemampuan memecahkan masalah dalam berbagai kondisi, serta menunjukkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar,’’ ujar Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta saat membuka Gelar Karya Proyek  Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Aula Sekolah, Kamis (8/12).

Kegiatan dengan tema "Menyemai Kearifan Lokal Memetik Bunga Zaman’’, dihadiri Kapolres Jepara AKBP Warsono, Dandim 0719 Jepara Letkol Arh Mukhamad Husnur Rofiq, Kepala Perangkat Daerah, Kacabdin Pendidikan Wilayah II Disdikbud Jateng Yuni Indiarti Rahayu, Kasi SMA/SLB Agus Adiroso, Pegawas SMA Noor Yadi, Kepala SMAN 1 Jepara Ngaripah, beserta Dewan Guru, dan para orang tua/ wali murid.

Baca Juga: Pameran Krenova, Meriahkan Peringatan Hakteknas Ke-27

Sebelum memasuki aula,  terlebih dahulu Pj Bupati Jepara berkeliling melihat stan pameran  hasil kreativitas siswa.SMAN 1 Jepara melaksanakan kegiatan P5  dengan berbagai kegiatan, antaranya, membatik, grafis, lukis, nonton film bersama, teater, sastra, kuliner, dan lain sebagainya. Saat meninjau stand kuliner, Pj Bupati yang dipandu Kepala Sekolah mencicipi dan memborong sejumlah jajanan. Diantaranya dawet khas Jepara, yang ada durian dan rumput laut.

Selain juga ada sejumlah pementasan kesenian, diantaranya ada tari klasik, modern. Juga ada pementasan wayang kulit dari penggalan kisah Mahabarata, dengan lakon Prabu Kalimataya. Dalang, siswa Kelas X.6 Catur Arya Setyanugraha, dengan iringan sinden dan para penabuh gamelan.

Pj Bupati menegaskan, Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Kegiatan P5 ini merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Sebagai Sekolah Penggerak, SMAN 1 Jepara melaksanakan P5 sesuai dengan tuntutan kurikulum.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kreatif, Siswa SMP 2 Kayen Produksi Baju Daur Ulang

Senin, 30 Januari 2023 | 22:30 WIB

Kaum Milenial Diajak Berani Tolak Politik Uang

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB

MAN 1 Jepara Kawal Siswanya Sampai Perguruan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:30 WIB

Jepara Tunda Penggabungan SD Negeri, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 | 12:26 WIB
X