Keberadaan STAI Syekh Jangkung Menjadikan Pati Kabupaten Berkembang

- Rabu, 30 November 2022 | 22:23 WIB
Sebanyak 49 mahasiswa STAI Syekh Jangkung diwisuda di Hotel New Merdeka. (suaramerdeka-muria.com/Noor Efendi)
Sebanyak 49 mahasiswa STAI Syekh Jangkung diwisuda di Hotel New Merdeka. (suaramerdeka-muria.com/Noor Efendi)


PATI, suaramerdeka-muria.com - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Muhtar menyebut, keberadaan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syekh Jangkung memberi kontribusi penting bagi perkembangan Kabupaten Pati. Bahkan, dia mengatakan wisuda pertama perguruan tinggi tersebut berpengaruh pada peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

"Kami bangga dengan wisuda pertama STAI Syekh Jangkung. Karena dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia di Pati," ujarnya saat mewakili Penjabat (Pj) Bupati Pati Henggar Budi Anggoro dalam acara Wisuda Pertama STAI Syekh Jangkung di Hotel New Merdeka, akhir pekan lalu.

Dia juga menyatakan, STAI Syekh Jangkung merupakan perguruan tinggi yang khas. Mengingat, kampus yang berada di Kayen, Pati itu merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Pati yang membuka program studi (Prodi) Sejarah.

Sebanyak 49 mahasiswa Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam mengikuti prosesi wisuda sekaligus pelepasan wisudawan. Dari jumlah tersebut, tiga mahasiswa berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik. Lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada satu jenjang pendidikan itu, diraih Istiqomah, Ulin Niswah, dan Yusril Afkar.

Selain itu, STAI Syekh Jangkung juga memberikan predikat cumlaude kepada tiga wisudawan. Mereka yakni Christina, Nor Rohmat, dan Nihayatul Himmah.

Baca Juga: Banjir Pati : Ketinggian Air di Desa Sinomwidodo Capai 2 Meter

Baca Juga: Banjir Sinomwidodo Pati Telan Korban Jiwa, Perempuan 60 Tahun Tewas Terjebak Air

Ketua STAI Syekh Jangkung Edy Supratno MHum menekankan kepada wisudawan untuk adaptif ketika terjun ke masyarakat. Kemampuan beradaptasi dengan lingkungan, menurutnya penting dimiliki agar mudah berkiprah di masyarakat.

"Ketika terjun ke masyarakat pintar-pintarlah beradaptasi. Ibarat seorang turis sedang berwisata di sebuah negara yang sedang musim dingin, dia akan terancam mati kedinginan jika tidak beradaptasi," paparnya.

Sekretaris Kopertais Wilayah X Ruswan MA yang hadir dalam wisuda mengapresiasi kerja keras STAI Syekh Jangkung. Meskipun banyak keterbatasan, namun dia optimistis STAI Syekh Jangkung akan dapat maju dan berkembang karena tekad dan usaha yang kuat.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kreatif, Siswa SMP 2 Kayen Produksi Baju Daur Ulang

Senin, 30 Januari 2023 | 22:30 WIB

Kaum Milenial Diajak Berani Tolak Politik Uang

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB

MAN 1 Jepara Kawal Siswanya Sampai Perguruan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:30 WIB

Jepara Tunda Penggabungan SD Negeri, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 | 12:26 WIB
X