Gunakan Teknologi Modern Laser Computer Numeric Control, UPGRIS Ajak Pengrajin Bambu Blora Berkreasi

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 16:11 WIB
Pelatihan kreasi kerajinan bambu menggunakan teknologi tepat guna di Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu 4 Agustus 2021. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)
Pelatihan kreasi kerajinan bambu menggunakan teknologi tepat guna di Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu 4 Agustus 2021. (suaramerdeka.com/Abdul Muiz)

BLORA, suaramerdeka-muria.com,- Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) mengajak pengrajin bambu di Desa Trembulrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, berkreasi.

Tak hanya memanfaatkan pohon bambu yang melimpah di desa tersebut, melalui program kemitraan masyarakat (PKM), UPGRIS memperkenalkan pula hilirisasi teknologi tepat guna dalam mengolah kreasi bambu.

Baca Juga: Begini Cara Download Sertifikat Vaksin Tanpa Aplikasi. Akan Menjadi Syarat Beragam Keperluan

 

Salah satunya dengan pemanfaatan teknologi modern berupa Laser Computer Numeric Control (CNC). 

‘’Melalui teknologi modern ini diharapkan bisa mengembangkan industri kreatif berbasis teknologi dalam mewujudkan ketanggungan ekonomi masyarakat," ujar Ketua Tim PKM UPGRIS Iin Purnamasari, Rabu 4 Agustus 2021.

Dalam program PKM ini, UPGRIS menggandeng kelompok perajin bambu untuk mengembangkan potensi kerajinan bambu di Desa Trembulrejo.

Baca Juga: Kasus Perceraian di Kudus Meningkat Selama PPKM 

Iin Purnamasari mengatakan, pengembangan kerajinan bambu dilakukan bertujuan untuk menyelesaikan masalah serta pemberdayaan masyarakat dalam memanfaatkan potensi yang ada. 

‘’Desa Trembulrejo memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Seperti potensi bambu yang melimpah namun belum dimanfaatkan secara kreatif dan marketable,’’ kata Iin Purnamasari.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMPN 1 Pati Kembangkan Budaya Lewat Flasmob Tari

Rabu, 7 Desember 2022 | 19:03 WIB

Siswa SMPN 3 Pati Sukses Sulap Hama Jadi Pupuk Multiguna

Minggu, 13 November 2022 | 20:09 WIB

Mencari Jejak Muasal Nama Desa Jaddung Sumenep

Jumat, 11 November 2022 | 16:25 WIB
X