Daun Cincau Antar Tiga Siswa Peneliti SMPN 1 Jepara Maju ke OPSI Nasional

- Rabu, 23 November 2022 | 06:01 WIB
Siswa peneliti  SMPN 1 Jepara yang maju ke Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) Tahun 2022 jenjang SMP/MTsmelakukan Salam Literasi bersama  Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Siswa peneliti SMPN 1 Jepara yang maju ke Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) Tahun 2022 jenjang SMP/MTsmelakukan Salam Literasi bersama Sekretaris Daerah Jepara Edy Sujatmiko. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Tiga siswa Tim Peneliti SMPN 1 Jepara, berhasil maju ke Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) Tahun 2022 jenjang SMP dan sederajat. Mereka berhak maju ke tinngkat nasional, setelah lolos babak penyisihan.

Pada babak final, yang akan dilaksanakan secara online, Kamis (24/11), pelajar Kota Ukir Jepara itu akan bersaing dengan 39  tim terbaik lainnya se-Indonesia dalam bidang Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

“Saya doakan, semoga Tim Peneliti SMPN 1 Jepara ini  mampu mendapat hasil terbaik dan membawa nama baik Kabupaten Jepara,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko saat menerima audiensi tim peneliti di Kantornya, Selasa (22/11) siang.

Baca Juga: Ratusan Siswa Madrasah Ismailiyyah Jepara Diedukasi Sarapan Sehat 

Tim peneliti terdiri atas, Aiszha Andi Ramadhani, Fatia Charissaki Devi, dan Chantika Cahya Trisam.

Saat diterima Sekda, mereka  didampingi Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala  Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Ali Hidayat, Kepala Bidang SMP Ahmad Nurrofiq, Widyaprada Ahli Muda-Subkoordinator Pengendalian Mutu SMP Wuriyanto, Kasubag Keuangan Disdikpora Rudy Perdana, Kepala SMPN 1 Jepara Basuki, dan guru pembimbing Farikhatul Mukharomah.

Di tingkat nasional, tim ini akan mempresentasikan hasil penelitian berjudul Pemanfaatan Ekstrak Daun Cincau sebagai Edible Straw Pengganti Sedotan Plastik.

“Selamat, ya. Terus lakukan pengembangan penelitian, dan jangan lupa rajin belajar. Itu kewajiban utama. Jangan jadikan kebanggaan atas prestasi ini sebagai titik capaian terakhir. Justru tempatkan sebagai titik awal pencapaian berikutnya,” pesan Edy Sujatmiko.

Sekda juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada guru pembimbing Farikhatul Mukharomah yang telah berhasil mengantarkan tim peneliti sampai tingkat ini. Tim SMPN 1 Jepara lolos dari babak penyisihan, yang dilaksanakan 10 sampai 15 Oktober 2022. 

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMPN 3 Pati Sukses Sulap Hama Jadi Pupuk Multiguna

Minggu, 13 November 2022 | 20:09 WIB

Mencari Jejak Muasal Nama Desa Jaddung Sumenep

Jumat, 11 November 2022 | 16:25 WIB
X