Siswa SMPN 3 Pati Sukses Sulap Hama Jadi Pupuk Multiguna

- Minggu, 13 November 2022 | 20:09 WIB
Para siswa SMPN 3 Pati menunjukkan cara pembuatan pupuk dari keong emas yang berhasil meraih penghargaan di ajang International Science and Invention Fair (ISIF). (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Para siswa SMPN 3 Pati menunjukkan cara pembuatan pupuk dari keong emas yang berhasil meraih penghargaan di ajang International Science and Invention Fair (ISIF). (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Keong, seringkali menjadi musuh petani lantaran dinilai menjadi hama bagi sejumlah tanaman khususnya padi.

Namun di tangan sejumlah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Pati, keong itu justru disulap menjadi pupuk dengan banyak manfaat.

Pupuk berbahan dasar keong mas itu diyakini dapat membantu produktivitas petani sekaligus menjaga lingkungan lantaran tidak menggunakan bahan kimia.

Temuan siswa SMP N 3 Pati itu juga turut mendapatkan penghargaan di bidang lingkungan pada International Science and Invention Fair (ISIF) pada awal November ini. Mereka mendapatkan medali emas dan spesial award.

Pupuk dari keong emas itu dibuat oleh Alysia Putri Sugiharto, Galang Pandu Rifka Pratama, Nafis Al Rizal Rahman, Muhammad Jazilul Atho’ dan Achmad Khoirul Rozaq.

Nafis Al Rizal Rahman menceritakan, mereka terinspirasi membuat pupuk tersebut lantaran prihatin dengan banyaknya penggunaan pupuk kimia di masyarakat. Saat terjun ke lapangan mereka juga mendapati persoalan lain yakni munculnya hama keong saat musim penghujan.

“Rupanya populasi keong emas saat penghujan bisa begitu besar dan menjadi ancaman hama tersendiri bagi para petani,” terangnya.

Dari situ mereka pun mencoba penelitiannya. Mereka awalnya mengalami sejumlah kegagalan dan kendala dalam pembuatan pupuk tersebut. Hingga akhirnya ditemukan formulasi yang tepat.

Baca Juga: Timnas Indonesia U20 Uji Coba Versus Klub Liga Arab Saudi, Al Adalah FC : Link Live Streaming di Mana?

Baca Juga: Perluas Sarana Ibadah, KSP Rukun Abdi Luhur Salurkan Bantuan Pembangunan Masjid Al Husna

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kreatif, Siswa SMP 2 Kayen Produksi Baju Daur Ulang

Senin, 30 Januari 2023 | 22:30 WIB

Kaum Milenial Diajak Berani Tolak Politik Uang

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB

MAN 1 Jepara Kawal Siswanya Sampai Perguruan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:30 WIB

Jepara Tunda Penggabungan SD Negeri, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 | 12:26 WIB
X