Mencari Jejak Muasal Nama Desa Jaddung Sumenep

- Jumat, 11 November 2022 | 16:25 WIB
Ketua kelompok I Sri Ardila dan Anggotanya Siti Nurfaizah mendatangi kediaman KH. Miski Husnan untuk menanyakan asal muasal diberikannya nama desa Jaddung, Sumenep, Madura.
Ketua kelompok I Sri Ardila dan Anggotanya Siti Nurfaizah mendatangi kediaman KH. Miski Husnan untuk menanyakan asal muasal diberikannya nama desa Jaddung, Sumenep, Madura.

SUMENEP, suaramerdeka.muria.com- Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Kelompok 1 Institut Dirosat Islanmiyah Al-Amien Prenduan mengkaji muasal Nama Desa Jaddung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Jumat 11 November 2022.

Ketua kelompok I Sri Ardila dan Anggotanya Siti Nurfaizah mendatangi kediaman KH. Miski Husnan untuk menanyakan asal muasal diberikannya nama desa Jaddung.

Berdasarkan tutur kata salah seorang sesepuh Desa Jaddung itu diceritakan bahwa Pangeran Sumo merupakan salah satu keturunan raja yang diberikan amanah untuk menguasai bagian barat desa Jaddung sampai desa Kapedi pada masa itu.

Beliau banyak memberikan inspirasi-inspirasi terbaik dalam kepemimpinannya dan membuat masyarakat tertarik dengan inspirasi tersebut.

Dan kemudian saat dinobatkan menjadi seorang pemimpin oleh Kadipaten Sumenep, Pangeran Sumo memberikan julukan nama “Yaddung” dalam bahasa Jawa memiliki arti “memberikan yang terbaik”.

Dikarenakan lidah orang Madura sedikit cedal jadi, yang awalnya Yaddung menjadi Jaddung.

Sesepuh desa Jeddung

Sesepuh Desa Jaddung KH. Miski Husnan mengatakan bahwasannya cerita di atas merupakan salah satu asal muasal adanya nama Desa Jaddung

Jadi, adanya nama desa ini dikarenakan pangeran Sumo selalu memberikan inspirasi terbaik kepada warganya, salah satunya kegiatan gotong royong untuk bersih-bersih dan lain sebagainya” ujar kyai Miski Husnan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Terkini

Kreatif, Siswa SMP 2 Kayen Produksi Baju Daur Ulang

Senin, 30 Januari 2023 | 22:30 WIB

Kaum Milenial Diajak Berani Tolak Politik Uang

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB

MAN 1 Jepara Kawal Siswanya Sampai Perguruan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:30 WIB

Jepara Tunda Penggabungan SD Negeri, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 | 12:26 WIB
X