Jalin Kerja Sama Lintas-Daerah, MTsN 1 Pati Punya 17 Madrasah Sahabat

- Senin, 7 November 2022 | 19:28 WIB
MTsN 1 Pati bekerja sama dengan MTsN 4 Bantul, Yogyakarta untuk pengembangan madrasah. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
MTsN 1 Pati bekerja sama dengan MTsN 4 Bantul, Yogyakarta untuk pengembangan madrasah. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati memperluas wilayah jalinan kerja sama dengan madrasah lain. Tak hanya MTs di Jawa Tengah (Jateng), pihaknya juga merambah ke Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam berjejaring dalam program Madrasah Sahabat.

MTsN 4 Bantul merupakan madrasah yang baru saja diresmikan kerja samanya dengan MTsN 1 Pati. MTsN 4 Bantul merupakan satu-satunya madrasah di luar Jateng yang menjadi mitra MTsN 1 Pati dalam program tersebut.

"Alhamdulillah MTsN 4 Bantul menjadi sahabat madrasah kami yang ke-17. Semoga dapat menginspirasi madrasah-madrasah lain dalam upaya meningkatkan gairah berprestasi," ujar Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak, Sabtu (5/11).

Dia mengungkapkan, penadatangan nota kerja sama dilakukan di MTsN 4 Bantul, Yogyakarta pada 1 November. Selain meresmikan kerja sama, MTsN 1 Pati hadir ke Bantul sekaligus membalas kunjungan MTsN 4 Bantul sebelumnya.

Lebih lanjut Syafak menjelaskan, kerja sama yang dijalin dengan 17 MTs lain berpegang pada prinsip khairunnas anfauhum linnas. Dia mengharapkan, seluruh sahabat madrasah MTsN 1 Pati dapat saling mengambil manfaat sehingga ke depan prestasi madrasah dapat meningkat. Sekaligus membuat madrasah lebih keren, serta menjadi madrasah yang barokah, manfaat, dan istiqomah.

Baca Juga: Netizen Indonesia Kok Dilawan : Gol Pemain PSM Makassar Yakob Sayuri Kalahkan Gol Pemain Kuala Lumpur Malaysia

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Gabus, Sejumlah Bangunan Rusak

Baca Juga: Jawab Keresahan Masyarakat, IAI Sosialisasikan Obat Aman di CFD

"Semua sahabat madrasah MTsN 1 Pati harus bisa mengambil manfaat dari kami. Sebaliknya, MTsN 1 Pati juga bisa mengambil manfaat dari sahabat madrasah kami. Jangan menjadi madrasah yang biasa-biasa saja. Jadilah madrasah yang uswatun hasanah dan mandiri berprestasi," tandasnya.

Kepala MTsN 4 Bantul Siti Solichah mengemukakan, pihaknya akan meniru program di MTsN 1 Pati. Itu sebagai langkah awal setelah lembaganya resmi menjadi sahabat madrasah MTsN 1 Pati. Program yang akan ditiru, yakni riset, sains, tahfidz, bahasa, dan bording school.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kreatif, Siswa SMP 2 Kayen Produksi Baju Daur Ulang

Senin, 30 Januari 2023 | 22:30 WIB

Kaum Milenial Diajak Berani Tolak Politik Uang

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB

MAN 1 Jepara Kawal Siswanya Sampai Perguruan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:30 WIB

Jepara Tunda Penggabungan SD Negeri, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 | 12:26 WIB
X