Business Day, Cara Unik Siswa SD di Jepara Ini Peringati Maulid Nabi

- Senin, 17 Oktober 2022 | 06:14 WIB
Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, para siswa SDIT Amal Insani Bapangan Jepara praktik berdagang dalam kegiatan ‘Business Day yag digelar di Halaman Sekolah. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, para siswa SDIT Amal Insani Bapangan Jepara praktik berdagang dalam kegiatan ‘Business Day yag digelar di Halaman Sekolah. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

Jepara,suaramerdeka-muria.com -  SDIT Amal insani memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW ( Maulid Nabi ) pada tahun ini dengan berbagai rangkaian acara mulai pembacaan sejarah Nabi, berselawat bersama siswa-siswi kelas 1 sampai kelas 6, guru dan karyawan.

Untuk membekali anak anak dengan pengalaman berdagang seperti yang dicontohkan Rasul dan para Sahabat di halaman sekolah juga digelar kegiatan business Day, Jumat lalu.

Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan atas Nabi Muhammad SAW dalam membawa Islam di bumi ini.

Baca Juga: Maulid Nabi, IRMAS Masjid Jami Sarang Rembang Menggelar Khitanan Massal dan Kirab

Adapun rangkain kegiatan yang dimulai pukul 08.00 WIB tepatnya setelah siswa- siswi menjalankan sholat Dhuha bersama. Diawali pembacaan shawalat al barjanzi oleh tim rebana nurusy sibyan yang dipandu Nur Kheli dan Lailatul udqiya selaku pembina tim, dilanjutkan kajian Maulid Nabi Oleh Ustaz Syaifudin. 

"Dengan kita memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, bukti kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah dianugrahkan kepada kita, sudah seharusnya kita memperingati hari lahirnya dan meneladani sunahnya semampu kita sebagai bukti cinta kita kepada beliau," tuturnya.

Selain kegiatan Maulid Nabi dengan pembacaan Al barjanji yang diikuti warga sekolah, siswa siswi juga dianjaurkan berbagi snak/jajan (makanan ringan ) sesama teman sekelas.

"Alhamdulillah acara peringatan Maulid tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses, semoga kedepannya lebih semarak lagi " tutur Ari Zunaini selaku Ketua panitia dan juga wali kelas 4 A.

Sukses acara peringatan Maulid Nabi di SDIT Amal Insani tak terlepas adanya dukungan penuh dari pihak sekolah terutama tim kesiswaan selaku penggagas progam peringatan Maulid Nabi.

"Semoga dengan peringatan ini siswa siswi mampu meneladani Rasulullah dan juga menjalankan sunah beliau", tutur Waka Kesiswaan Tri Handayani.

Terlebih, kegiatan business Day berjalan dengan sukses diikuti sekitar 18 stand dagang dari masing masing kelas dibuka langsung Kepala Sekolah Purdyanti, ditandai dengan pemotongan pita di depan pintu masuk area business Day dalam sambutannya beliau menuturkan

‘’Semoga dengan ada business Day tahun ini anak anak mampu mengambil hikmahnya terlebih dalam berwirausaha,’’ pesan Purdayanti.

Pengunjung yang hadir sukup antusias dengan jumlah sekitar seribuan mengingat jumlah wali murid, siswa siswi dari TKIT dan juga SMPIT Amal Insani, serta warga sekitar yang memadati area business Day dari pukul 08.00 - 11.00 WIB. Berbagai dagangan yang dijual cukup beraneka ragam dari olahan rumahan sampai makanan instan siap saji. Apresiasi positif juga diutarakan wali murid

 "Kegiatan ini sangat bagus karena ada nilai pembelajaran riil terkait berwirausaha dari kami sangat bangga menjadi bagian dari SDIT Amal Insani semoga kedepannya lebih Semarak  dan lebih banyak stand yang disajikan"  Tutur Desi, wali murid.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Contoh Teknologi Pendidikan Saat Ini

Senin, 20 Maret 2023 | 14:51 WIB
X