PPK BEM FEB UNS Kembangkan UMKM Desa Karangturi Karanganyar

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 18:01 WIB
Pembentukan Komunitas Langkah Berdikari oleh UNS  di Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.
Pembentukan Komunitas Langkah Berdikari oleh UNS di Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

KARANGANYAR, muria-suaramerdeka.com - Tim Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) membentuk Komunitas Langkah Berdikari yang mewadahi pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Desa Karangturi, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan yang merupakan bagian dari program Kampus Merdeka ini mendapat pendanaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Komunitas Langkah Berdikari ini baru dibentuk di tahun 2022 dalam PPK Ormawa.

Ketua tim PPK Ormawa BEM FEB UNS, Dimas Yusuf Agil mengatakn, kegiatan meliputi pendampingan dan pengembangan bagi para pelaku UMKM, khususnya UMKM Food and Beverage.

Komunitas Langkah Berdikari juga menjalin kemitraan atau kerja sama dengan instansi pemerintah seperti Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Karanganyar yang memberikan penyuluhan terkait budidaya lele dan strat-up Crowde, serta penyelenggaraan kegiatan pelatiahan diversifikasi dan pengemasan produk.

Melalui program PPK Ormawa di tahun 2022 ini, Komunitas Langkah Berdikari berfokus untuk membentuk minimal lima orang sociopreneur baru yaitu UMKM rambak jari yang terdiri dari tiga ibu desa.

Selain itu, UMKM balungkethek yang terdiri dari tujuh orang kelompok wanita tani, dan UMKM abon lele yang terdiri dari delapan kelompok wanita tani dan mengembangkan UMKM yang sudah ada seperti memperbaiki kemasan atau packaging, mengurus perizinan seperti nomor induk berusaha (NIB) dan pangan industri rumah tangga (PIRT), serta mendiversifikasi produk yaitu dengam membuat varian rasa baru.

''Adapun UMKM yang difokuskan untuk pengembangan adalah UMKM keripik pisang, keripik tempe, karakturi, balungkethek, dan rambak jari,'' bebernya.

Harapannya dengan adanya Komunitas Langkah Berdikari ini UMKM Desa Karangturi dapat terwadahi dan saling berkolaborasi antara UMKM satu dengan lainnya, dan produk UMKM Desa Karangturi dapat scale-up dan diterima oleh pasar. 

***

Editor: Abdul Muiz

Tags

Terkini

X