Sekolah Digabung, Jumlah SD di Jepara Berkurang 32 Unit

- Rabu, 28 Juli 2021 | 06:23 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono. (suaramerdeka.com/Sukardi)
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono. (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Jumlah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Jepara akan terus menyusut. Penyebabnya, ada sekolah yang ditutup karena tidak mendapatkan murid, dan ada juga yang digabungkan (regrouping).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Agus Tri Harjono mengatakan, jumlah SD di Kabupaten Jepara nantinya akan berkurang 32 unit pada Tahun Pelajaran 2021/2022.

Agus menjelaskan, sekolah yang digabung lokasinya berdekatan. Penggabungan diharapkan meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih baik, efektif dan efisien. Ikut menghemat anggaran serta sarana dan prarasana.  

Sekolah sekolah dengan jumlah siswa sangat sedikit, setelah digabung terbentuk rombongan belajar (rombel) ideal, maksimal 28 siswa. “Juga ikut membantu mengatasi  kekurangan guru kelas dan kepala sekolah,” ungkapnya.

BACA JUGA : Viral!! Video Bupati Jepara Sumbang Lagu di Acara Resepsi

Kepala Bidang SD Widiyantoro memaparkan, saat ini jumlah SD Negeri 572 unit. Sementara SD swasta di Kabupaten Jepara 26 sekolah. Semula direncanakan ada seratus lebih SD Negeri yang digabung.

Dalam proses pematangan, ada 61 unit yang digabung menjadi 29 unit. Sehingga, akan berkurang 32 unit SD. “Kebanyakan dua SD digabung menjadi satu, namun ada juga tiga sekolah digabung menjadi satu,” terang Widiyantoro.

Dalam beberapa tahun ini, jumlah guru  SD Pegawai Negeri Sipil (PNS) terus menyusut. “Selain pensiun tiap bulan, juga ada yang meninggal,” jelas Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (PTK) Disidkpora Susanto.

Dia menyontohkan, selain yang pensiun tiap bulan, sejak awal Januari hingga akhir Juli 2021 sudah ada 42 guru yang meninggal. Dipaparkan, sekarang ini ada 4.286 guru Aparat Sipil Negara (ASN).

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Jepara Izinkan PTM 100 Persen dengan Syarat

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:37 WIB

Guru Harus Menjadi Agen Perubahan

Kamis, 16 Desember 2021 | 06:38 WIB

Guru Smansara Borong Juara Menyanyi PGRI

Rabu, 1 Desember 2021 | 22:55 WIB

STAI Muhammadiyah Blora Wisuda 86 Sarjana

Rabu, 1 Desember 2021 | 08:12 WIB
X