Aplikasi ‘’Sipandu Makara’’ Penguatan Serapan Lulusan SMK

- Selasa, 20 September 2022 | 19:06 WIB
Launcing Aplikasi Sipandu Makara dengan penekanan Sirine di Halaman SMK Negeri 1 Jepara, Senin (19/9/2022)
Launcing Aplikasi Sipandu Makara dengan penekanan Sirine di Halaman SMK Negeri 1 Jepara, Senin (19/9/2022)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com -  Untuk membantu pemerintah mengurangi pengangguran terbuka Sekolah menengah Kejuruan (SMK), diluncurkan aplikasi ‘’Sipandu Makara’’. 

‘’Aplikasi Sipandu Makara merupakan Strategi Penguatan Serapan Lulusan SMK pada Dunia Kerja Wilayah Demak-Jepara,’’ ujar Kepala Seksi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Dr  Anon Priyantoro SPd  MPd selaku Project leader pada peluncuran aplikasi Sipandu Makara di Halaman SMKN 1 Jepara, Senin (19/9/2022).

Launching aplikasi ini  ditandai dengan penekanan sirine dan menerbangkan balon  bertuliskan SIPANDU MAKARA  secara bersama sama   oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Yuni Indriarti SE MM dan  Kepala Seksi  SMK  Dr  Anon Priyantoro, Kepala  SMK Negeri 1 Jepara Sugiyanto SPd SST MPd. Kegiatan dihadiri Pengawas SMK dan para Kepala SMK Wilayah Kabupaten Jepara dan Demak, serta dari pihak  dunia industri   Direktur  PT Maspion IT Surabaya  Ir Okky Tri Hutomo MIT.  

Menurut Dr Anon Priyantoro, aplikasi ini bertujuan terwujudnya Sistem Informasi strategi penguatan serapan lulusan SMK pada dunia kerja di Wilayah Demak-Jepara, sehingga dapat membantu pemerintah dalam rangka mengurangi tingkat pengangguran terbuka dari lulusan SMK, dengan cara membuat sistem informasi strategi penguatan serapan lulusan SMK pada dunia kerja di Wilayah Demak-Jepara secara aktual, cepat, dan mudah diakses.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Yuni Indriati Rahayu SE MM didampingi Kepala Seksi SMK Dr Anon Priyantoro SPd MPd, Kepala SMKN 1 Jepara Sugiyanto SPd SST MPd K, dan Direktur Maspion IT Ir Okky Tri Hutomo MIT melaunching Aplikasi Sipandu Makara.

Manfaat aplikasi ini, paparnya,  untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka dari lulusan SMK dengan  capaian optimal   penguatan serapan lulusan SMK pada dunia kerja.  

Dr Anon juga berharap nantinya lembaga Bursa Kerja Khusus (BKK) pada setiap SMK di Demak dan Jepara terbantu dengan aplikasi ini khususnya dalam hal tracking alumni.

Kegiatan ini disambut baik oleh para Kepala SMK karena akan dapat membantu dengan tepat sasaran sesuai kompetensi dan kualifikasi para lulusannya  untuk terserap di dunia kerja.

Dalam sambutannya,  Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Yuni Indriarti menyampaikan apresiasi tinggi.  

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Terkini

Tim KKN IK IAIN Kudus Beri Edukasi Sertifikasi Halal

Minggu, 25 September 2022 | 10:47 WIB

Loloskan 15 Judul, UMK Diundang dalam PKM Award

Rabu, 21 September 2022 | 18:29 WIB

Sah, UMK Buka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Rabu, 21 September 2022 | 13:43 WIB
X