Mahasiswa Politeknik Balekambang Dampingi UMKM Bategede

- Senin, 29 Agustus 2022 | 07:55 WIB
Direktur, dosen, dan mahasiswa Polbang Jepara foto bersama Petinggi Bategede dan warga peserta Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) pada pembukaan kegiatan di Balai Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari,Jepara, Jumat(26/8). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Direktur, dosen, dan mahasiswa Polbang Jepara foto bersama Petinggi Bategede dan warga peserta Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) pada pembukaan kegiatan di Balai Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari,Jepara, Jumat(26/8). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Mahasiswa Politeknik Balekambang (PolbangJepara melakukan pendampingin kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Batealit, Kecamatan Nalusmari, Jepara.

Mahasiswa yang tergabung dalam Tim Polibang Creative Studio lolos lolos pendanaan Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.

 ‘’ P2MD ditujukan untuk  ormawa (Organisasi Kemahasiswaan-Red) di perguruan tinggi, berupa pengabdian untuk masyarakat, dan tim Polibang Creative Studio telah lolos pada program tersebut,’’ kata Ketua Tim Yasa Maulana pada pembukaan di Balai Desa Bategede, Kecamatan Nalumsari, Jepara, Jumat (26/8).

Baca Juga: Dirjen Pendidikan Vokasi : Mobil Listrik Santri Balekambang Berkonstribusi Kemajuan Otomotif Indonesia

Kegiatan ini dihadiri Petinggi Desa Bategede Bambang Eko Susilo SSos, Direktur Politeknik Balekambang Miftahudin, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Polteknik Balekambang Nur Hikmah ME , Mentor Program P2MD Indra Kurniawan, serta para Dosen Politeknik Balekambang, serta Tim dan seluruh mitra UMKM Desa Bategede. 

Yasa Maulana menjelaskan, kegiatan P2MD sangat cocok untuk mahasiswa, karena menyangkut perihal Tri Dharma Perguruan Tinggi mengenai pengabdian masyarakat. Diharapkan mahasiswa dan masyarakat mampu bersinergi bersama untuk mengembangkan UMKM di Desa Bategede.

Dia menerangkan, program Scale Up UMKM Desa Bategede melalui Digital Branding sebagai upaya Peningkatan Ekonomi dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) tujuan pembangunan berkelanjutan desa. Setelah kegiatan pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian timeline kegiatan pemberdayaan dan diskusi dengan seluruh mitra. 

Direktur Politeknik Balekambang Miftahudin menyampaikan, sejak adanya pandemi, ekonomi di Indonesia mengalami penurunan. Lalu dengan adanya UMKM, pemerintah menempatkan UMKM sebagai prioritas utama dalam pemulihan ekonomi yang ada di Indonesia. Dengan adanya hal tersebut maka TIM Polibang Creative Studio akan membantu dan mendampingi UMKM yang ada di Bategede.

Pendampingan meliputi delapa  rangkaian kegiatan, yaitu pendataan peserta, perancangan logo, pengembangan packaging produk, desain promosi digital, pembuatan akun e-commerce, pembuatan video promosi, pembuatan website digital branding, dan pelatihan manajemen keuangan serta akses permodalan.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim KKN IK IAIN Kudus Beri Edukasi Sertifikasi Halal

Minggu, 25 September 2022 | 10:47 WIB

Loloskan 15 Judul, UMK Diundang dalam PKM Award

Rabu, 21 September 2022 | 18:29 WIB

Sah, UMK Buka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Rabu, 21 September 2022 | 13:43 WIB
X