Mahasiswa IPB Ajari Warga Pati Olah Ontong Pisang Jadi Abon

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 10:11 WIB
Sejumlah mahasiswa IPB saat melakukan sosialisasi dan mengajarkan mengolah ontong pisang menjadi abon baru-baru ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Sejumlah mahasiswa IPB saat melakukan sosialisasi dan mengajarkan mengolah ontong pisang menjadi abon baru-baru ini. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Sejumlah mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengajak masyarakat untuk memanfaatkan ontong atau jantung pisang yang biasanya tak terpakai untuk diolah menjadi bernilai ekonomis.

Ontong itu diolah menjadi abon.

Albertty, salah seorang mahasiswi IPB mengatakan, pendampingan itu dilakukan timnya saat melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Purworejo, Kecamatan Pati.

Dikatakannya pemanfaatan jantung pisang itu dijadikan progam bertajuk From Zero to Euro.

“Kami memang berinisiasi bagaimana memanfaatkan bahan yang awalnya tidak bernilai menjadi sesuatu bernilai ekonomis atau kami lambangkan dengan euro,” terangnya.

Apalagi menurutnya selain memiliki nilai ekonomis, jantung pisang pun dinilai memiliki banyak kandungan zat alami yang baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti protein, karbohidrat, mineral, fosfor, kalsium, vitamin B1, vitamin C serta kandungan serat yang terdapat pada jantung pisang juga tinggi.

“Hal itu kami dapati dari sebuah rujukan ilmiah. Maka dari itu kami menjadikannya sebagai salah satu progam,” terangnya.

Baca Juga: Profil Lengkap dan Agama Iqbal Gwijangge Pemain Terbaik Piala AFF U16 : Putra Papua Jaminan Kokoh Pertahanan

Baca Juga: SMP Az-Zahra Mlonggo Juara Lomba Karawitan

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim KKN IK IAIN Kudus Beri Edukasi Sertifikasi Halal

Minggu, 25 September 2022 | 10:47 WIB

Loloskan 15 Judul, UMK Diundang dalam PKM Award

Rabu, 21 September 2022 | 18:29 WIB

Sah, UMK Buka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Rabu, 21 September 2022 | 13:43 WIB
X