SMP Az-Zahra Mlonggo Juara Lomba Karawitan

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:04 WIB
Perwakilan grup  yang keluar sebagai juara Lomba Karawitan Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2022 foto bersama penyelenggara seusai menerima penghargaan dan hadiah di SMP di tempat lomba SMPN 1 Pakisaji,Jepara,Kamis (11/8). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Perwakilan grup yang keluar sebagai juara Lomba Karawitan Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2022 foto bersama penyelenggara seusai menerima penghargaan dan hadiah di SMP di tempat lomba SMPN 1 Pakisaji,Jepara,Kamis (11/8). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.comSMP Az-Zahra Mlonggo keluar sebagai Juara Lomba Karawitan Jenjang SMP Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2022. Lomba yang diikuti sepuluh peserta, digelar di SMPN 1 Pakisaji, Kamis (11/8). 

Lomba ini mengambil tema “Generasi Emas Seni Tradisi”.  Tema tersebut diambil karena para siswa SMP se-Kabupaten Jepara merupakan generasi-generasi muda yang diharapkan akan terus melestarikan seni budaya yang merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Ali Hidayat dalam arahannya menyampaikan, lomba Karawitan sebagai upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni musik karawitan di kalangan siswa SMP se-Kabupaten Jepara.

Baca Juga: Desainer Denny Wirawan Mentori Pelajar Eksplore Batik Kudus

"Ajang lomba karawitan juga diharapkan untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia,’’ tutur Ali Hidayat.

Penyelenggara kegiatan, yang juga Kepala Bidang SMP Disdikpora Kabupaten Jepara Ahmad Nurrofiq menjelaskan, lomba Karawitan merupakan bentuk sajian karawitan menggunakan media gamelan Jawa laras slendro/pelog.

Tiap peserta  menampilkan 1 lagu wajib laras pelog atau slendro dan satu lagu pilihan laras slendro atau pelog sesuai kreativitas peserta.

Adapun materi lomba, terangnya, untuk gendhing wajib pelog adalah Identitas Jawa Tengah sedangkan Slendro berjudul Kota Ukir dimana peserta memilih salah satu.

Adapun gendhing pilihan, sesuai pilihan dan kreativitas sekolah/peserta dengan lirik disesuaikan usia siswa SMP. Penilaian lomba secara kelompok, setiap kelompok karawitan maksimal terdiri 20 siswa yang merupakan perwakilan SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Jepar, dimana kegiatan tersebut diikuti 10 grup/sekolah.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim KKN IK IAIN Kudus Beri Edukasi Sertifikasi Halal

Minggu, 25 September 2022 | 10:47 WIB

Loloskan 15 Judul, UMK Diundang dalam PKM Award

Rabu, 21 September 2022 | 18:29 WIB

Sah, UMK Buka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Rabu, 21 September 2022 | 13:43 WIB
X