Konjen Australia Hadiri Festival Budaya di SMAN 1 Jepara

- Senin, 23 Mei 2022 | 05:55 WIB
Konsul Jenderal Australia Fiona Hoggart didampingi Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Eris Yuniarto melihat proses membatik saat menghadiri  Festival Budaya: Harmoni Bumi Kartini, di SMAN1 Jepara. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Konsul Jenderal Australia Fiona Hoggart didampingi Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Eris Yuniarto melihat proses membatik saat menghadiri Festival Budaya: Harmoni Bumi Kartini, di SMAN1 Jepara. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com -  Alunan gending Kebo Giro menyambut kedatangan Konsul Jenderal Australia Fiona Hoggart di Aula SMAN 1 Jepara, Jumat (20/5) sore. Kehadirannya sudah ditunggu di Festival Budaya Harmoni Bumi Kartini.

Sebanyak 116 penampil dan perupa dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni Budaya SMA dan para pelaku seni di Jepara berkolaborasi, berlatih, dan mempersiapkan diri sebulan sebelumnya.

Sesuai dengan makna gending Kebo Giro yang merupakan simbol keselarasan kehidupan manusia, sebagaimana alat musik gamelan yang dimainkan.

Baca Juga: Terindeks Scopus, Jurnal QIJIS IAIN Kudus Peringkat Ketiga Asia, Laili Noor Azizah Wisudawan Terbaik

Kehadiran Fiona selaras fungsi konsulat yang bertujuan memperkuat hubungan antara Australia dan masyarakat Jawa Tengah dan Jawa Timur dalam berbagai sektor, khususnya budaya dan seni.

“Saya merasa kagum dan terkesan dengan penampilan kesenian dari karawitan, tarian, lukisan dan batik pada festival ini,” kata Fiona.

 Sebelum memasuki Aula Sekolah, Konjen Australia  yang berjalan kaki dari ruang transit  menuju Aula sekolah, menyaksikan berbagai karya seni yang sudah dipamerkan sejak pagi hari.

Ada batik, lukisan, dan sejumlah kriya dari berbagai bahan, diantaranya kayu, rotan, botol. Fiona dan sejumlah tamu yang hadir, ikut menuliskan pesan dan kesan untuk SMAN 1 Jepara di atas lembaran kertas hitam.

"Congratulations SMAN 1 Jepara. So proud of your leadership, energy & excellence – you are a LIGHT HOUSE – AWESOME !!,’’ tulis Konsul Jendral Australia Fiona Hoggart.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unisnu Jadikan Kampus Zero dari Kekerasan

Senin, 15 Agustus 2022 | 23:10 WIB

SMP Az-Zahra Mlonggo Juara Lomba Karawitan

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 09:04 WIB
X