Guru Jangan Sampai Terlambat Pelajari Kurikulum Merdeka

- Selasa, 19 April 2022 | 16:01 WIB
Webinar strategi implementasi Kurikulum Merdeka yang digelar Ikatan Alumni PBI Universitas Muria Kudus, Selasa (19/4). (suaramerdeka-muria.com/dok)
Webinar strategi implementasi Kurikulum Merdeka yang digelar Ikatan Alumni PBI Universitas Muria Kudus, Selasa (19/4). (suaramerdeka-muria.com/dok)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Guru dan kepala sekolah perlu segera menguasai implementasi Kurikulum Merdeka. Jika terlambat mempelajari kurikulum baru itu, maka guru akan jauh tertinggal.

Hal itu disampaikan Sri Hartati dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah pada webinar strategi implementasi kurikulum merdeka yang digelar oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus (PBI UMK), Selasa (19/4).

“Kurikulum merdeka ini masih berkembang day to day. Jika terlambat mempelajari maka akan jauh tertinggal. Jadi guru dan kepala sekolah harus segera belajar, menguasai, dan mengimplementasikan di sekolahnya masing-masing,” katanya.

Baca Juga: FH UMK Gandeng Stakeholder Perkuat Kurikulum Kampus Merdeka

Kurikulum merdeka tidak muncul secara tiba-tiba. Kurikulum baru ini merupakan jawaban atas terjadinya krisis pembelajaran.

“Kurikulum merdeka ini sekaligus menjadi pemulihan pembelajaran bagi para siswa,” katanya.

Sri Hartati menambahkan, ciri khas Kurikulum Merdeka adalah struktur dan kegiatan intrakurikulernya. Setiap mata pelajaran mengacu pada capaian pembelajaran berbasis proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

“Pembelajarannya juga mengacu pada standar kompetensi lulusan yang dialokasikan sekitar 20 persen beban belajar per tahun,” terangnya.

Pelaksanaan proyek penguatan profil Pancasila ini pun dilaksanakan secara fleksibel. Termasuk juga muatan maupun waktu pelaksanaannya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMPN 1 Pati Kembangkan Budaya Lewat Flasmob Tari

Rabu, 7 Desember 2022 | 19:03 WIB

Siswa SMPN 3 Pati Sukses Sulap Hama Jadi Pupuk Multiguna

Minggu, 13 November 2022 | 20:09 WIB

Mencari Jejak Muasal Nama Desa Jaddung Sumenep

Jumat, 11 November 2022 | 16:25 WIB
X