IAIN Kudus Dorong Kemandirian Ekonomi Pesantren

- Kamis, 24 Maret 2022 | 19:15 WIB

KUDUS, suaramerdeka-muria.com - IAIN Kudus melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) mendorong kemandirian ekonomi pesantren dengan menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan Proposal Inkubasi Bisnis Pesantren di Aula Gedung Rektorat, Selasa (22/03/2022).

Ketua LPPM IAIN Kudus M Dzofir mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk kerja sama IAIN Kudus dengan Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) Jawa Tengah.

Kegiatan ini melibatkan narasumber dan fasilitator dari Tim Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Kudus yang diikuti oleh peserta dari 22 pondok pesantren di Jawa Tengah, diantaranya Kendal, Solo, Semarang, Demak, Jepara, Kudus, dan Pati.

Baca Juga: Kemenag Launching Sekolah Akuntansi Pesantren di IAIN Kudus, Pertama di Indonesia

''Pengasuh pesantren dilatih untuk membuat business plan dengan baik, agar nantinya pesantren dapat mandiri secara ekonomi.

Selain itu, Inkubasi Bisnis Pesantren juga digelar supaya para pengurus pesantren dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada,'' jelasnya.

Dia menambahkan, melalui pelatihan ini, para pengasuh pesantren dilatih untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada di pesantren, hingga bisa melakukan pengembangan bisnis di pesantren.

Baca Juga: Jalan Alternatif di Pati Juga Rusak Gegara Pantura Macet

Wakil Rektor II Dr Nor Hadi menyampaikan, kegiatan ini merupakan cara membangun sikap entrepreneurship muda di kalangan santri pesantren.

Saat ini, Indonesia masih di bawah satu langkah dari Singapura karena Indonesia pertumbuhan enterpreneurnya masih di bawah 2 persen.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim KKN IK IAIN Kudus Beri Edukasi Sertifikasi Halal

Minggu, 25 September 2022 | 10:47 WIB

Loloskan 15 Judul, UMK Diundang dalam PKM Award

Rabu, 21 September 2022 | 18:29 WIB

Sah, UMK Buka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Rabu, 21 September 2022 | 13:43 WIB
X