45 Kader Pramuka Ubaloka Dilatih Penanganan Kecelakaan dan Bencana

- Kamis, 24 Maret 2022 | 06:10 WIB
Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto memasang tandap peserta Geladi Tangguh Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) ke-XII Tahun 2022. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto memasang tandap peserta Geladi Tangguh Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) ke-XII Tahun 2022. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jepara menggelar Geladi Tangguh Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) ke-XII Tahun 2022, di Bumi Perkemahan Pakis Adhi, Desa Suwawal Timur, Kecamatan Pakisaji, Jepara.

Kegiatan dijadwalkan 5 hari, 23-27 Maret, dibuka Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto, Rabu (23/3).

Tak hanya kader dari Kabupaten Jepara, geladi tangguh Ubaloka tahun ini, juga diikuti para peserta dari perwakilan dari Kabupaten Kendal, Rembang, Salatiga, Kudus, dan Demak. Masing-masing kabupaten mengirim 2 orang peserta. Sedangkan total peserta 45 orang.

BACA JUGA : Kecamatan Lasem dan Rembang Juara Pesta Siaga Kabupaten Rembang

Membacakan sambutan Bupati Jepara Dian Kristiandi, Dwi Riyanto mengatakan Ubaloka ini dibentuk sebagai wadah kegiatan Pramuka Peduli terhadap lingkungan dan sesama. Serta di dalamnya terdapat kesatuan individu terdidik, berkepribadian, percaya diri, berdisiplin, serta memiliki kemampuan, keterampilan, dan tanggung jawab kepada masyarakat. 

“Saya berharap kegiatan ini mampu meningkatkan kemampuan anggota dalam penanganan pertolongan kecelakaan, musibah bencana alam, yang mengadopsi nilai budaya dan kearifan lokal yang ada,” tutur Dwi Riyanto, yang didampingi pengurus Kwarcab dan instruktur.

Dwi juga mengapresiasi dan penghargaan kepada para peserta, termasuk yang datang dari luar kota Jepara.

Dengan bekal dan ilmu yang diperoleh dapat diimplementasikan dalam bidang pertolongan dan tugas kemanusiaan serta pelestarian alam sebagai wujud pelaksanaan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

"Semoga adik-adik sekalian, menjadi pejuang kemanusian di masa depan,” kata dia.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tim KKN IK IAIN Kudus Beri Edukasi Sertifikasi Halal

Minggu, 25 September 2022 | 10:47 WIB

Loloskan 15 Judul, UMK Diundang dalam PKM Award

Rabu, 21 September 2022 | 18:29 WIB

Sah, UMK Buka Prodi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Rabu, 21 September 2022 | 13:43 WIB
X