Jadi Calon Ahli Falak, Siswa MA Salafiyah Kajen Praktik Rukyatul Hilal di Pantai Kartini

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 06:03 WIB
Praktik rukyatul hilal siswa MA Salafiyah Kajen Pati. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Praktik rukyatul hilal siswa MA Salafiyah Kajen Pati. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Sebagai salah satu madrasah yang berbasis agama, Madrasah Aliyah (MA) Salafiyah Kajen Pati membekali siswa mereka dengan praktik rukyatul hilal.

Dengan ilmu tersebut, para siswa nantinya diharapkan dapat memahami dengan baik mekanisme penentuan awal bulan Qamariah.

Kegiatan itu seperti digelar pada Kamis (3/3) kemarin di di Pantai Kartini Jepara untuk penentuan awal Bulan Sya'ban 1443 H.

Kegiatan diikuti oleh 57 siswa siswi program studi IPA dan IPS konsentrasi Kitab dan dipandu oleh tim Lajnah Falakiyah Salafiyah.

Baca Juga: Alat Berat Tak Kunjung Turun, Warga Rahtawu Swadaya Kepras Bukit Curam dengan Alat Seadanya

Praktik rukyat ini merupakan bentuk aplikasi terhadap pembelajaran teori tentang Hisab Awal Bulan Qamariah yang didapatkan para siswa di kelas.

Indraswati selaku Ketua Lajnah Falakiyah Salafiyah mengatakan bahwa melalui praktik rukyat hilal ini, para siswa diharapkan mampu memahami dengan baik mekanisme penentuan awal bulan Qamariah.

Kegiatannya mulai dari hisab sampai dengan praktik pengamatan hilal sebagai penentu awal bulan baru dalam kalender Hijriah.

Baca Juga: Dari Pengungkapan Penemuan Mayat Ternyata Korban Pembunuhan di Cepu : Pelaku Kalap Ditagih Hutang Rp 2,5 Juta

“Ke depannya, para siswa diharapkan mampu tampil sebagai tenaga ahli di bidang Ilmu Falak ketika dibutuhkan oleh masyarakat, tidak hanya di bidang penentuan awal bulan Qamariah, tetapi juga penentuan arah kiblat, pembuatan jadwal salat, dan lainnya sebagaimana yang telah mereka pelajari di kelas,” harapnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kaum Milenial Diajak Berani Tolak Politik Uang

Kamis, 26 Januari 2023 | 21:55 WIB

MAN 1 Jepara Kawal Siswanya Sampai Perguruan Tinggi

Rabu, 25 Januari 2023 | 06:30 WIB

Jepara Tunda Penggabungan SD Negeri, Ini Pemicunya

Jumat, 20 Januari 2023 | 12:26 WIB
X