Bikin Aplikasi Tuberculosis, Dua Siswa SMA PGRI Kayen Bakal Terbang ke Mexico

- Rabu, 23 Februari 2022 | 17:20 WIB
Sejumlah siswa SMA PGRI Kayen saat menunjukkan medali ISPO dan aplikasi TB Cleaner buatannya. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)
Sejumlah siswa SMA PGRI Kayen saat menunjukkan medali ISPO dan aplikasi TB Cleaner buatannya. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Berkat aplikasi Tuberculosis (TB) Cleaner buatannya, dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) PGRI Kayen kini melaju ke kompetisi tingkat internasional.

Kesempatan itu diraih Bagas Nur Ardianto bersama Diah Kusuma Wardani setelah mendapatkan medali perak dalam ajang Indonesian Science Project Olimpiad (ISPO) 2022 ini.

Paskahasil kemenangan yang diumumkan pada Minggu (20/2) kemarin, siswa SMA PGRI Kayen itu akan mewakili Indonesia untuk mengikuti ajang Informatric yang akan digelar di Mexico pada Juni mendatang.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Liga 3 Nasional Rabu 23 Februari dan Daftar Tim Lolos Babak 16 Besar Liga 3 Nasional

Kini berbagai kesiapan pun dilakukan untuk tampil dengan matang di ajang tersebut.

“Ada tiga sekolah di Indonesia yang akan mewakili ke Informatric di Meksiko. Selain SMA PGRI Kayen ada juga salah satu SMA di Semarang dan Tangerang,” terang Diah Kusuma Wardani.

Dia mengatakan, ide pembuatan aplikasi TB Cleaner itu muncul setelah mengamati masih maraknya penyakit TB di masyarakat.

Padahal sekarang ini kemajuan modernisasi begitu pesat.

Baca Juga: Bocah Tenggelam di Juwana Ditemukan 200 Meter dari TKP

“Seringkali muncul kasus masyarakat yang tidak mau memeriksakan diri di faskes sehingga penyebarannya tidak terlihat. Padahal TB itu ada,” ujarnya.

Oleh karena itu mereka kemudian membuat aplikasi yang memiliki fitur untuk melakukan screenin, tracing dan pelacakan pasien baru.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMPN 3 Pati Sukses Sulap Hama Jadi Pupuk Multiguna

Minggu, 13 November 2022 | 20:09 WIB

Mencari Jejak Muasal Nama Desa Jaddung Sumenep

Jumat, 11 November 2022 | 16:25 WIB
X