Guru Harus Menjadi Agen Perubahan

- Kamis, 16 Desember 2021 | 06:38 WIB
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Muh Habib memberikan pembinaan pada pelantikan Kepala MA Al Ma’arif Saripan Jepara Jamik Udin Andika di Gedung Madrasah setempat, Rabu (15/12). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Muh Habib memberikan pembinaan pada pelantikan Kepala MA Al Ma’arif Saripan Jepara Jamik Udin Andika di Gedung Madrasah setempat, Rabu (15/12). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com – Harapan masyarakat terhadap sosok guru terus berkembang sesuai zaman. Pada era sekarang, selain tugas utama mendidik dan mengajar siswa, guru juga diharapkan menjadi agen perubahan.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Muh Habib mengatakan, guru harus menjadi agen perubahan. “Guru harus mampu mendorong lingkunganya menjadi lebih baik dari sebelumnya. Terlebih seorang kepala madrasah, harus menjadi roll model dalam perubahan,” katanya.

Muh Habib memberikan sambutan sekaligus pembinaan pada pelantikan Jamik Udin Andika sebagai Kepala Madrasah Aliyah (MA) Al Ma’arif Saripan Jepara, di Gedung Madrasah setempat, Rabu (15/12).

BACA JUGA : Jepara Siapkan Anggaran Pengembangan Pendidikan Non Formal

Ia hadir bersama Pengawas MTs/MA Kemenag Ida Nunung Puspowati, Pokjawas Fakih, Ketua KKMA 02 Jepara Tupomo. Kegiatan dihadiri keluarga besar MA Al Ma’arif Saripan. Dianntaranya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Ma’arif Jepara KH Ahmad Mubin, beserta anggota KH Noor Rohman Fauzan, dan KH Asyhari Samsuri.

Hadir juga Dewan Pengawas, dan Dewan Pengurus yang diketuai Sukardi MPd. Hadir juga, ikatan alumni MA Al-Ma’arif, guru, karyawan, dan perwakilan siswa.

Muh Habib mengingatkan, MA Al Ma’arif yang berlokasi di Kelurahan Saripan, Kecamatan Kota Jepara, merupakan MA yang sudah tua di Kabupaten Jepara. Untuk itu, harus semakin meningkatkan perannya dalam dunia pendidikan. Seluruh unsur dan keluarga besar harus bahu membawu mendorong ke arah lebih baik.

Khusus kepada kepala madrasah, dia mengingatkan harus dapat menjalankan perannya sebagai manajer, penggerak, inovator dan juga mampu penangkap peluang untuk kemajuan madrasah.

Pengalaman para kepala sebelumnya, Muh Habib, dapat dijadikan pijakan untuk melangkah lebih baik. Muh Habib juga menyampaikan apresiasi kepada Mujtahid, guru DPK (diperbantukan-red) Kemanag, yang telah mendapatkan kepercayaan sebagai Kepala MA Al-Ma’arif periode 2016-2021.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X