Generasi Muda Didorong Warisi Semangat Jiwa Pahlawan

- Rabu, 17 November 2021 | 10:33 WIB
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat menghadiri Safari Kebangsaan bertema Milenial Cinta Negeri di Aula MAN 2 Jepara yang berlokasi di Desa Kelet, Kecamatan Keling, Selasa (16/11). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat menghadiri Safari Kebangsaan bertema Milenial Cinta Negeri di Aula MAN 2 Jepara yang berlokasi di Desa Kelet, Kecamatan Keling, Selasa (16/11). (suaramerdeka.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Generasi muda masa kini diajak siap menghadapi tantangan yang sedang mengancam kesatuan bangsa saat ini. Seperti menangkal berita tidak benar atau informasi hoaks, hingga penyebaran paham radikalisme. Termasuk bisa menjadi penerus bangsa yang mampu menjaga diri dan memiliki rasa cinta tanah air.

“Perjuangan ini tidak akan pernah selesai. Kalau dibilang kemerdekaan itu adalah pintu atau jembatan emas untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahtaraan seluruh warga negara,” ujar Bupati Jepara Dian Kristiandi pada Safari Kebangsaan bertema Milenial Cinta Negeri di Aula MAN 2 Jepara yang berlokasi di Desa Kelet, Kecamatan Keling, Selasa (16/11).

Antusias tinggi diperlihatkan siswa saat mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan. Kegiatan juga diikuti pendidik, serta Kepala Madrasah Masrum. Ikut mendampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbngpol) Lukito Sudi Asmara, Kepala Diskominfo Arif Darmawan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sugeng Widodo, serta Camat Keling Budi Krisnanto bersama Forkompimcam.

BACA JUGA : Wakili Jateng, Siswa SMK Avicena Lasem Juara Teknologi Farmasi Tingkat Nasional

Lebih lanjut Dian Kristiandi menuturkan problematika generasi muda dan nilai kepahlawanan pada saat ini. Sebagai pelajar, mereka dituntut giat meningkatkan kualitas diri. Oleh sebab itu, hal utama yang dilakukan adalah belajar dengan tekun dan menuruti nasihat orangtua. “Di antara kalian bukan tidak mungkin besok itu bisa juga jadi bupati, gubernur, bahkan jadi Presiden,” tuturnya.

Menariknya, di sela penyampaian materi tersebut, Dian Kristiandi juga memberikan kuis yang disambut antusias para siswa. Sejumlah pertanyaan pun dilontarkan. Tampak di antara peserta berebut untuk menjawab. Bupati pun memberikan hadiah kaus untuk mengapresiasi keberanian pelajar-pelajar itu.

Dikatakan Bupati, perjuangan pelajar sebagai generasi kiwari bukan diwujudkan dalam mengangkat senjata dan berperang melawan penjajah. Melainkan berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, dan menyerah yang dapat merugikan diri sendiri serta lingkungan. “Terus selalu belajar, jangan ada perpecahan di antara kalian terus belajar kelompok, kegotongroyongan terus diutamakan,” kata dia.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Jepara Masrum mengakui kegiatan ini sangat berdampak positif bagi para pelajar. Dia berharap program ini dapat terus digelar ke depannya. Para siswa yang telah memperoleh pembekalan bisa membagikan ilmu atau kepada teman atau kerabat lainnya. “Sehingga menjadi manusia yang seutuhnya, seperti visi kami akhlakul karimah, kedisiplinan, tanggung jawab,” ujarnya.

Dalam safari kebangsaan bertajuk milenial cinta negeri ini, juga dilakukan pemberian dosis kedua vaksin Covid-19 bagi 300 pelajar. Usai memberikan pembekalan, Bupati beserta rombongan menyempatkan diri mengunjungi lokasi vaksinasi.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siswa SMPN 3 Pati Sukses Sulap Hama Jadi Pupuk Multiguna

Minggu, 13 November 2022 | 20:09 WIB

Mencari Jejak Muasal Nama Desa Jaddung Sumenep

Jumat, 11 November 2022 | 16:25 WIB
X