Diakui Internasional, Siswa SMPN 3 Pati Ciptakan Ventilasi Udara Khusus Penderita Covid-19

- Jumat, 5 November 2021 | 07:13 WIB
Siswa SMPN 3 Pati menemukan ventilasi udara bagi penderita Covid-19. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)
Siswa SMPN 3 Pati menemukan ventilasi udara bagi penderita Covid-19. (suaramerdeka.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Pati kembali menunjukkan prestasi gemilang.

Mereka menemukan ventilasi udara bagi penderita Covid-19 yang tentu bermanfaat di masa pandemi seperti sekarang ini.

Temuan para siswa sekolah tersebut bahkan berhasil meraih medali emas pada ajang bergengsi Internasional Science and Invention Fair (ISIF) yang digelar pada 28 Oktober hingga 1 November lalu.

ISIF sendiri diketahui merupakan kompetisi pameran sains dan penemuan internasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Ilmuwan Muda Indonesia (IYSA).

Baca Juga: Berprestasi, 2.191 Siswa Tidak Mampu di Pati Diganjar Beasiswa

Komunitas itu bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia seperti Universitas Diponegoro, Institut Tehnologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor dan Universitas di luar negeri seperti Malaysia, Turki, Brazil, Macau dan lainnya.

Siswa SMPN 3 Pati sendiri membawa projek dengan tema “Air-Closed ventilation for Environmental Health A New Era Of Covid-19 Disease”.

Temuan itu dikerjakan oleh tim yang terdiri dari Marina Diva Irsaniya, Lintang Artthalita Miftania Altaf, Amanda Aninditya Trihapsari, Fernandito Akbar Kurniawan, Fiqy Trisa Insani.

Baca Juga: BIN Gelar Vaksinasi Sasar 6.000 Santri Hingga Siswa di Jepara

“Kami bersyukur dapat meraih medali dalam ajang tersebut. Apalagi harus bersaing dengan 500 tim dari 36 negara,” ujar koordinator guru pembimbing Mohamad Rauf.

Ketua projek sains Fiqy Trisa Insani menjelaskan, alat tersebut diyakini mampu membantu penderita Covid-19 ketika sedang isolasi mandiri di rumah.

Alat ini bekerja dengan memanfaatkan prinsip ventilasi udara buatan dalam proses pergantian udara di dalam ruangan tertutup yang menggunakan bantuan peralatan mekanik dilengkapi cairan disinfektan alami dari daun sirih dan minyak kayu putih.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Jepara Izinkan PTM 100 Persen dengan Syarat

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:37 WIB

Guru Harus Menjadi Agen Perubahan

Kamis, 16 Desember 2021 | 06:38 WIB
X