Kompetisi Karya Tulis Ilmiah di Pati Pagari Guru dari Radikalisme

- Kamis, 23 September 2021 | 21:01 WIB
 Pendidik yang menjadi peserta LKTI FKUB mempresentasikan karyanya di depan akademisi yang menjadi juri. (suaramerdeka.com/Moch Noor Efendi)
Pendidik yang menjadi peserta LKTI FKUB mempresentasikan karyanya di depan akademisi yang menjadi juri. (suaramerdeka.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Munculnya sejumlah kelompok yang kerap mempraktikkan intoleransi dalam kehidupan beragama dan berbangsa menjadi keprihatinan banyak pihak.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Pati memberi reaksi tegas atas praktik demikian melalui beragam upaya.

Salah satunya dengan penguatan pemahaman pendidikan multikultural secara masif melalui lomba karya tulis ilmiah (LKTI).

Baca Juga: Sikapi Munculnya Kluster Covid di Sekolah, Kemenag Perketat Izin PTM, Wali Murid Kecewa PTM SD-SMP Dihentikan

"Indonesia sebagai negara kepulauan merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia. Di dalamnya banyak ragam agama, suku, etnis, dan budaya. Karena itu negara multikultural perlu lebih dipahamkan kepada berbagai kalangan," ujar Ketua FKUB Pati KH Ahmad Choiron, Kamis, 23 September 2021.

Lebih lanjut dia menjelaskan, penguatan pemahaman beragama yang rahmatan lilalamin serta menghormati keberagaman perlu lebih digencarkan, terlebih di kalangan pendidik.

Baca Juga: Awas! Begal Payudara di Pati, Pelaku Sudah Beraksi di Belasan Lokasi

Mengingat, belakangan dunia pendidikan "tercemari" dengan adanya oknum guru yang menjadi pelaku intoleransi dan anti-Pancasila.

"Melalui kompetisi ini kami mengajak guru untuk menyegarkan kembali pemahaman atas pendidikan multikultural. Selanjutnya dapat meneruskan kepada siswa. Terutama bagi mereka yang bertugas di lembaga pendidikan yang multikultural," jelasnya.

Baca Juga: Wakapolres Blora Ajak Anggota Jadi Pelopor Disiplin Lalu Lintas Dan Disiplin Protokol Kesehatan

Ajang tersebut rutin digelar FKUB Pati setiap tahun.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Jepara Izinkan PTM 100 Persen dengan Syarat

Selasa, 4 Januari 2022 | 17:37 WIB

Guru Harus Menjadi Agen Perubahan

Kamis, 16 Desember 2021 | 06:38 WIB
X