Ada Apa di Penataan Pejabat Eselon II Pemkab Blora Jilid I

- Senin, 30 Agustus 2021 | 08:15 WIB
Urip Daryanto
Urip Daryanto

Oleh Urip Daryanto 

TANDA-TANDA akan  segera terbitnya “buku” penataan pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Blora jilid I sudah berasa. Menyusul Bupati Blora, Arief Rohman telah statemen bahwa pihaknya menggandeng Mabes Polri untuk menilai kinerja pejabat eselon 2 di pemerintahannya.  

Hal itu dilakukan ( menggandeng Mabes Polri ) untuk mengetahui kualitas dan kemampuan para ASN tersebut.

Publik Blora, utamanya di lingkungan OPD sudah paham bahwa sesuai aturan memang sudah saatnya dan dibolehkan secara aturan, Pemerintahan Arief dan Wakil Tri Yuli Styowati akan menata pejabat (eselon II) di Blora.

Setelah sepuluh tahun terakhir berlalu, kali ini, penataan pejabat di Blora berasa lain. Semoga apa yang diinginkan Bupati Arief bahwa penataan pejabat (untuk sementara di tataran eselon II) ini tidak berdasarkan like and dislike, melainkan berdasarkan kompetensi masing-masing pejabat, tidak dinilai negatif dari  pihak-pihak tertentu.

Meski juga tidak yakin juga bahwa penataan pejabat yang didasari semata-mata ingin menghasilkan pejabat yang punya kualifikasi dan kemampuan itu tidak akan menuai penilaian negatif.

Pepatah Jawa, sebaik-baiknya orang dengan produk kebijakannya tentu ada yang tidak suka. Sebaliknya, sejelek-jelek orang dengan produk kebijakannya tetap saja ada yang suka dan bahkan memujanya.

Hanya tentu bisa dipakai pertimbangan bahwa Polri sebagai institusi yang mempunyai rekam jejak bagus dalam pembinaan karier, sebelum menjatuhkan “vonis” penilaian. Dan branded sistem itu yang oleh Bupati Arief akan diterapkan dalam menilai kompetensi seorang ASN di pemerintahannya.

Karena sejatinya untuk menilai kompetensi ASN dibutuhkan lembaga yang kredibel yang diharapkan mampu memotret kemampuan dan potensi individu ASN tersebut. Apalagi selain dari Mabes Polri, Pemkab Blora juga melibatkan perguruan tinggi untuk mendampingi asesmen tersebut.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Terkini

ASN (GURU) HARUS MAMPU MELAYANI DENGAN TEKNOLOGI

Senin, 28 November 2022 | 22:23 WIB

Peer Counseling Cara Jitu Mengatasi Body Image

Senin, 3 Oktober 2022 | 21:14 WIB

Menggagas Pengelolaan CSR yang Lebih Baik

Kamis, 14 April 2022 | 14:00 WIB

Bermain Kreatif dengan Media Loose Part

Senin, 3 Januari 2022 | 14:26 WIB

Makna Angka 9 di Hari Jadi Blora ke – 272

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:45 WIB

Sampah dan Simbol Kekuasaan

Rabu, 10 November 2021 | 09:50 WIB

Menunggu Hasil Pembenahan E – Warung

Kamis, 30 September 2021 | 06:40 WIB

Industri Cukai dalam Bayangan Asap Rokok Ilegal

Jumat, 3 September 2021 | 12:35 WIB

Nilai Hijrah Nabi SAW

Jumat, 6 Agustus 2021 | 10:05 WIB

Membangkitkan Legenda Macan Muria

Jumat, 6 Agustus 2021 | 09:32 WIB
X