Peer Counseling Cara Jitu Mengatasi Body Image

- Senin, 3 Oktober 2022 | 21:14 WIB
Khoirunnisa S. Pd. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Khoirunnisa S. Pd. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

Oleh : Khoirunnisa S. Pd*)

PEMBELAJARAN pasca pandemi Covid-19 memberikan dampak positif dan negatif untuk remaja. Dampak yang terlihat dari pembelajaran di masa pandemi yaitu munculnya masalah-masalah dalam diri peserta didik. Baik dari segi pola pembelajaran, karakter siswa, hingga persoalan yang muncul pada diri peserta didik selama pembelajaran online. Munculnya dampak tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk guru bidang Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah.

Salah satu dampak yang dialami oleh siswa adalah penggunaan media sosial. Penggunaan media sosial oleh peserta didik, yang sudah menjadi kebutuhannya mengakibatkan pandangan terhadap dirinya harus sesuai dengan standarisasi apa yang dilihat di media sosial. Memiliki tubuh ideal dan berparas cantik atau tampan menjadi tolok ukur. Menuntut diri sendiri untuk selalu tampil yang terbaik di hadapan orang lain agar terlihat sempurna hampir dirasakan remaja saat ini.

Pada akhirnya, bodyimage merupakan imajinasi subyektif yang dimiliki seseorang tentang tubuhnya, khususnya yang terkait dengan penilaian orang lain, dan seberapa baik tubuhnya harus disesuaikan dengan persepsi-persepsi orang lain.

Secara umum, bodyimage terbagi menjadi 2, yaitu bodyimage positif dan bodyimage negatif. Bodyimage positif adalah persepsi yang benar atau positif terhadap tubuh sendiri. Kamu menghargai bentuk tubuhmu dan memahami bahwa penampilan fisik seseorang tidak ada yang sempurna. Jika dimaknai dengan tepat, bodyimage ini bisa membuat remaja berkembang dengan kondisi mental yang lebih baik.

Penggambaran tubuh yang positif juga berarti kamu merasa bangga dan merasa perlu untuk selalu memberi penghargaan pada tubuh. Artinya, kamu akan memberikan yang terbaik termasuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan menghindari hal yang bisa merusak. Selain itu, konsep ini juga bisa membuat seseorang menjadi lebih percaya diri dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik.

Sedangan Bodyimage negatif sama sekali tidak baik dan bisa berpengaruh buruk pada kehidupan remaja. Bodyimage negatif bisa membuat seseorang menjadi tidak percaya diri, merasa malu, sadar diri, dan cemas tentang tubuhmu. Jika dibiarkan, dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah mental pada remaja. Salah satu dampak dari bodyimage negatif adalah mengalami depresi.

Bodyimage negatif nyatanya bisa menyebabkan remaja tumbuh dan berkembang dalam kondisi mental yang kurang baik. Terlebih, hal ini bisa diperparah dengan kondisi lingkungan yang tidak mendukung, misalnya anak mengalami perundungan alias bullying. Hal itu bisa menyebabkan remaja mengalami moodswing alias perubahan suasana hati yang sering terjadi secara mendadak.

Peran guru BK di sekolah menjadi pihak yang dapat mendampingi siswa untuk mengentaskan masalah-masalah yang dialami siswa, baik secara individu maupun kelompok. Namun kenyataan di lapangan masih banyak siswa yang enggan untuk secara terbuka dan utuh mengemukakan masalahnya kepada guru BK.

Berangkat dari hal itu strategi yang dapat di lakukan guru BK untuk mengoptimalkan layanan BK di sekolah adalah dengan mengambil peran PeerCounseling/Konseling Sebaya di sekolah. Layanan ini menjadi salah satu alternatif untuk membantu guru BK dalam mengentaskan masalah siswa.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASN (GURU) HARUS MAMPU MELAYANI DENGAN TEKNOLOGI

Senin, 28 November 2022 | 22:23 WIB

Peer Counseling Cara Jitu Mengatasi Body Image

Senin, 3 Oktober 2022 | 21:14 WIB

Menggagas Pengelolaan CSR yang Lebih Baik

Kamis, 14 April 2022 | 14:00 WIB

Bermain Kreatif dengan Media Loose Part

Senin, 3 Januari 2022 | 14:26 WIB

Makna Angka 9 di Hari Jadi Blora ke – 272

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:45 WIB

Sampah dan Simbol Kekuasaan

Rabu, 10 November 2021 | 09:50 WIB

Menunggu Hasil Pembenahan E – Warung

Kamis, 30 September 2021 | 06:40 WIB

Industri Cukai dalam Bayangan Asap Rokok Ilegal

Jumat, 3 September 2021 | 12:35 WIB

Nilai Hijrah Nabi SAW

Jumat, 6 Agustus 2021 | 10:05 WIB

Membangkitkan Legenda Macan Muria

Jumat, 6 Agustus 2021 | 09:32 WIB
X