Menghapus Trauma ‘Susah’ Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Fisika

- Selasa, 18 Januari 2022 | 08:12 WIB
Masrini
Masrini

KENAPA saya memilih judul “Menghapus Trauma ‘Susah’, Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Fisika?”.

Karena selama saya mengajar di sekolah, bias disimpulkan bahwa butuh upaya untuk meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran Fisika dan itu bukan kesimpulan sesaat.

Kesimpulan ini berdasarkan dari pengalaman saya selama mengajar di kelas-kelas yang sangat beragam selama 13 tahun mengajar.

BACA JUGA : Strategi Self Regulated Learning Sebagai Upaya Mengurangi Kecurangan

Tulisan ini saya buat supaya bermanfaat untuk kaum pendidik dan orang yang peduli tentang pendidikan supaya bisa membuat perubahan dikedepannya.

Selama tiga belas tahun mengajar, saya sering menahan diri dengan perilaku anak ketika belajar fisika, karena mereka merasa kalau fisika itu susah, sehingga mereka merasa terbebani dan tidak menunjukkan raut muka yang bahagia.

Pada setiap pembelajaran, mereka lebih suka untuk berbincang sendiri atau melamun dibandingkan untuk mendengarkan materi yang saya sampaikan.

Itulah yang terjadi, bagaimana mereka bisa memahami fisika jika dipikiran mereka masih belum bisa menghilangkan kata ‘’susah’’ untuk pelajaran fisika. Dan kemauan atau minat untuk mempelajari fisika pun belum ada.

Dari sinilah saya berusaha untuk membuat mereka meningkatkan kemauannya dan menghilangkan kata susah dipikirannya, supaya mereka mau mempelajari Fisika.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X