Filosofi Apa Yang Diharapkan Dari Pelantikan Pejabat Blora di Rabu Legi

- Kamis, 30 September 2021 | 06:47 WIB
Urip Daryanto
Urip Daryanto

Oleh : Urip Daryanto

 

BUKAN soal lokasi pelantikan 5 pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Blora oleh Bupati Blora, Arief Rohman Rabu (22/9/2021), yakni di TPA saja yang dinilai unik. Rabu (29/9/2021) juga digelar pelantikan di Taman Makam Pahlawan (TMP).

Lokasi dan waktu pelantikan ini merubah kebiasaan pelantikan pejabat yang biasanya hari Jum’at menjadi hari Rabu, juga menjadi pembicaraan banyak pihak.

‘’Biasanya pelantikan itu hari Jum’at, ini kok di hari Rabu dan pasarannya Legi, ada apa ya ? Semoga saja hari Rabu Legi itu membawa tuah besar untuk kemajuan dan perbaikan Blora,’’ ungkap sejumlah warga Blora, baik di kalangan ASN maupun awam.

Berbagai sumber yang induknya Primbon Jawa, neptu Rabu Legi adalah 12,  Rabu (7) dan Legi (5), berada di bawah naungan Waseso Segoro dan Gigis Bumi. Waseso Segoro maksudnya adalah rezeki banyak, wawasan dan pengalaman luas, pemaaf, juga murah hati.

Sedangkan Gigis Bumi artinya memiliki pengaruh yang besar dan juga disegani banyak orang. Weton Rabu Legi memiliki watak kuat, galak, dan waspada.  Seseorang yang mempunyai weton Rabu Legi juga dikenal memiliki watak yang menjunjung tinggi falsafah hidup.

Seperti diketahui, penataan pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Blora tahap I ( 5 pejabat) dilakukan Rabu (22/9). Ada yang unik  dan mengundang banyak pertanyaan banyak pihak yang dilakukan oleh Bupati Blora, H.Arief Rohman, yakni pelantikan dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah, Temurejo, Blora Kota.

Kenapa di TPA ? Menurut Bupati Arief, filosofi itu semua pihaknya mengawali bersih-bersih, untuk itu pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kali ini digelar di TPA. Ya intinya kita mengawali bersih-bersih, ‘’ ungkapnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Terkini

X