Dari Pojok Ngembalrejo, Voli Pantai Berjuang Meraih Prestasi

- Minggu, 19 September 2021 | 13:29 WIB
Anton W Hartono.
Anton W Hartono.

MESKIPUN tanpa gimmick dan publikasi serta kontroversi berlebihan, cabang voli pantai di Kudus berjuang menuai prestasi. Walaupun tidak sejor-joran soal kebutuhan anggaran, cabang tersebut sarat dengan kebanggaan.

Setidaknya kontingen voli pantai PON Jateng kelompok putera-puteri, dan pelatih semuanya made in Kota Keretek, merupakan sebuah pembuktian.

Memang, prestasinya belum menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Namun, wakil Kudus di voli pantai nasional sangat diperhitungkan. Walaupun pertandingannya sering tanpa gemuruh ribuan penonton, prestasinya tidak monoton.

Ironisnya, cabang berprestasi kadang luput dari pandangan dan dukungan. Masih sering tenggelam dengan cabang-cabang besar yang prestasinya yang mungkin masih labil, timbul tenggelam.

Mungkin, inilah pekerjaan rumah bagi pihak yang mempunyai kuasa dalam bidang olahraga untuk menggali semua potensi keolahragaan khususnya yang terbukti berprestasi. Cabang yang berprestasi harus didukung dan bukan dibendung prestasinya.

Definisi olahraga rakyat mungkin harus dibenahi sedikit, dan tidak harus mengacu pada sejumlah cabang mainstream. Meskipun hanya segelintir peminat dan jarang memicu polemik, cabang berprestasi telah mencatatkan nama baik di kancah regional dan bahkan internasional.

Voli pantai merupakan salah satu dari sekian cabang berprestasi terpendam yang dimiliki Kudus. Sang atlet memang kurang dikenal publik dan jarang dielu-elukan saat meraih kemenangan.

Tetapi, beberapa diantaranya sudah dikenal dunia karena prestasi dan bukan sekedar basa-basi.

Disebutlah nama seorang Syafrizal Samboja. Tidak banyak yang mengenal meskipun dia sudah wira-wiri berkiprah di PON dan Porprov. Nama lainnya, Yogi Hermawan yang rupanya pernah mengenyam kompetisi World Beach Game di Qatar. Yogi yang tergabung dalam Timnas Indonesia berhasil meraih medali perunggu.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ASN (GURU) HARUS MAMPU MELAYANI DENGAN TEKNOLOGI

Senin, 28 November 2022 | 22:23 WIB

Peer Counseling Cara Jitu Mengatasi Body Image

Senin, 3 Oktober 2022 | 21:14 WIB

Menggagas Pengelolaan CSR yang Lebih Baik

Kamis, 14 April 2022 | 14:00 WIB

Bermain Kreatif dengan Media Loose Part

Senin, 3 Januari 2022 | 14:26 WIB

Makna Angka 9 di Hari Jadi Blora ke – 272

Minggu, 5 Desember 2021 | 12:45 WIB

Sampah dan Simbol Kekuasaan

Rabu, 10 November 2021 | 09:50 WIB

Menunggu Hasil Pembenahan E – Warung

Kamis, 30 September 2021 | 06:40 WIB

Industri Cukai dalam Bayangan Asap Rokok Ilegal

Jumat, 3 September 2021 | 12:35 WIB

Nilai Hijrah Nabi SAW

Jumat, 6 Agustus 2021 | 10:05 WIB

Membangkitkan Legenda Macan Muria

Jumat, 6 Agustus 2021 | 09:32 WIB
X