Pertama di Kudus, STDM Ajang Balap Sepeda Usung Sport Tourism

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 22:10 WIB
Corporate Secretary PT Sukun Deka Hendratmanto bersama Ketua Panitia Sukun Tour de Muria 2022 Hendra Darmanto, Rabu (24/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Corporate Secretary PT Sukun Deka Hendratmanto bersama Ketua Panitia Sukun Tour de Muria 2022 Hendra Darmanto, Rabu (24/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Ratusan pesepeda dari berbagai daerah di Indonesia antusias mengikuti ajang Sukun Tour de Muria (STDM). Event balap sepeda yang mengusung sport tourism ini menyajikan rute menantang mengelilingi Gunung Muria melintasi tiga kabupaten.

Ketua Panitia Sukun Tour de Muria 2022 Hendra Darmanto menuturkan, STDM ini menjadi event trilogi dari event Tour de Borobudur 2022. STDM berlangsung pada 11 September 2022 dengan rute melintasi tiga kabupaten yakni Kudus, Jepara, dan Pati.

“Meski STDM ini event baru, namun antusiasme peserta sangat luar biasa. Pendaftaran sudah kami tutup, karena kami batasi hanya 600 peserta,” kata Hendra, Rabu (24/8).

Baca Juga: Rute Sukun Tour de Muria Ungkap Rahasia Cyclist Kudus

Antusiasme peserta ini tak lepas dari rute yang ditawarkan. Para pesepeda penasaran dengan rute sepanjang 157,7 kilometer mengelilingi Gunung Muria. Total hadiah yang ditawarkan pada event ini sebesar Rp 75 juta.

“Jika ada pertanyaan kenapa pesepeda dari Kudus sering menang juara lomba sepeda, maka nanti para peserta akan mendapat jawabannya saat melintasi rute,” katanya.

Hendra mengatakan, STDM digelar dengan dukungan penuh PT Sukun yang bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-75 yang berkolaborasi dengan Semarang Bicycle Accociation (Samba), dan tiga pemerintah kabupaten itu.

Kegiatan tersebut, kata dia, awalnya sudah direncakan sejak dua tahun lalu, namun karena pandemi akhirnya tertunda dan baru terealisasi tahun ini.

Ketua Pelaksana Hari Ulang Tahun ke-75 PT Sukun Deka Hendratmanto mengatakan, STDM diharapkan mampu menggeliatkan event sport tourism di Kudus, Jepara, dan Pati. Tak hanya event sepeda, pihaknya juga menggelar pameran UMKM di Alun-alun Kudus, pada tanggal 10 September 2022.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMA Islam Jepara Rebut Trofi Bola Voli Wakil Gubernur

Selasa, 20 September 2022 | 17:44 WIB
X