Atlet Samarinda Juara Turnamen Catur Bulan Bung Karno di Kudus

- Minggu, 19 Juni 2022 | 09:35 WIB
Nor Rohman (kaos merah), atlet Percasi Kudus turun di Turnamen catur Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus di Aula DPRD Kudus, Sabtu (1/6) malam. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
Nor Rohman (kaos merah), atlet Percasi Kudus turun di Turnamen catur Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus di Aula DPRD Kudus, Sabtu (1/6) malam. (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Atlet catur asal Samarinda Kalimantan Timur Jalal menjuarai Turnamen Catur Bulan Bung Karno yang digelar DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kudus di Aula DPRD Kudus, Sabtu (18/6) malam.

Jalal bersaing ketat dengan atlet tuan rumah Nor Rohman di peringkat kedua. Wasit Kepala Turnamen Catur Bulan Bung Karno Noor Chakim WD PNM menuturkan, meski kedua pecatur memiliki poin sama delapan, namun Jalal memiliki selisih nilai yang lebih baik.

Kejuaraan ini menggunakan sistem Swiss 2018 yang sudah di-upgrade pada 2022 dengan menggunakan sistem Fide 2018. Total ada sebanyak 147 peserta. Setiap peserta harus menjalani sebanyak sembilan kali pertandingan.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Porprov Jateng 2023, Jepara Targetkan 50 Emas dan Berada di Lima Besar

“Persaingan di peringkat atas memang cukup ketat. Dua peringkat teratas Jalal dan Nur Rohman memiliki poin sama 8. Tetapi yang membedakan nilai lawannya selisih 5, karena lawan Nor Rohman yang tidak meneruskan permainan sehingga berpengaruh juga,” katanya.

Noor Chakim yang juga pelatih catur Percasi Kudus menuturkan, animo pecatur mengikuti turnamen ini sangat luar biasa.

Tak hanya dari Kudus, Chakim menuturkan, banyak peserta juga datang dari Pati, Rembang, Semarang, Kendal, dan mahasiswa universitas negeri di Semarang juga ikut turnamen ini.

“Turnamen ini sekaligus menjadi pemanasan atlet yang akan berlaga di Porprov. Kudus ada empat atlet yang akan berlaga di Porprov, semuanya turun di turnamen ini termasuk Nur Rohman yang berada di peringkat kedua,” katanya.

Ketua DPC PDI Perjuangan Masan tak menyangka antusiasme pecatur yang ikut turnamen ini cukup tinggi. Bahkan banyak peserta yang datang dari luar daerah.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMA Islam Jepara Rebut Trofi Bola Voli Wakil Gubernur

Selasa, 20 September 2022 | 17:44 WIB
X