Atlet Ketapel Junior Jepara Raih Medali Emas Forda Jateng 2022

- Kamis, 16 Juni 2022 | 05:38 WIB
Atlet ketapel junior Jepara membidik sasaran di ajang Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jateng 2022, di komplek GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Atlet ketapel junior Jepara membidik sasaran di ajang Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jateng 2022, di komplek GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas. (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JEPARA,suaramerdeka-muria.com - Dua atlet ketapel junior Jepara berhasil meraih prestasi di ajang Festival Olahraga Rekreasi Daerah (Forda) Jateng 2022, di komplek GOR Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, baru-baru ini. Ailsa berhasil menjadi juara 1 junior, sedangkan Distia Eka berada di peringkat tiga.

‘’Ini merupakan capaian prestasi yang cukup baik, bagi para atlet junior di cabang olehraga tradisional,’’ kata  Ketua KPOTI Jepara Ahmad Kholik Rabu (15/6).

Dia menjelaskan, kedua atlet pelajar berusia 15 tahun sama sama berasal dari Desa/Kecamatan Batealit.

Baca Juga: Potradnas VIII Bangka Belitung, Jepara Berangkatkan 9 Atlet Katapel dan Egrang

Keduanya merupakan bagian atlet di bawah pembinaan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Indonesia (KPOTI) Kabupaten Jepara.  Pada kejuaan tersebut, Jessica Ailsa Viola Rahma MTs Negeri 1 Jepara, berasil meraih medali emas. Sedangkan, kawannya, Distia Eka Rahayu meraih perunggu.

Ahmad Kholik mengatakan, ada banyak cabang olahraga tradisional yang dipertandingkan dalam Forda Jateng 2022. Selain Ketapel, juga ada Hadang, Egrang, Terompah, Tarik tambang, Silat budaya dan Liong barongsai.

“Kami hanya membawa tiga atlet junior dan berhasil membawa pulang dua medali. Alhamdulillah ini adalah capaian prestasi yang cukup baik,” kata dia. 

Selama ini, para atlet  berlatih dan dibina di Joglo Playon Mutia Vie, Tahunan. Sebelum berangkat ke Banyumas, mereka juga berlatih secara rutin di Jepara. Selama ini KPOTI mendapatkan suport dari Pemkab Jepara, khususnya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), juga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). 

“Kami terus bersinergi bersama pemerintah, untuk memajukan olahraga tradisional di Jepara,” kata Ahmad Kholik.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X