Daftar Juara Umum SEA Games : Hanya di Era Presiden Soeharto Indonesia Sukses Juara Umum, Begini Sejarahnya

- Jumat, 20 Mei 2022 | 07:54 WIB
Presiden Soekarno dan Soeharto. Dua presiden yang sukses mengantarkan Indonesia masuk dalam daftar juara umum SEA Games.  (Instagram jejaksoeharto)
Presiden Soekarno dan Soeharto. Dua presiden yang sukses mengantarkan Indonesia masuk dalam daftar juara umum SEA Games. (Instagram jejaksoeharto)

Suaramerdeka-Muria.com- Fakta menunjukkan bahwa hanya pada era Presiden Soeharto Indonesia mampu meraih gelar juara umum pesta olahraga negara-negara se Asia Tenggara, SEA Games.

Berikut ini daftar juara umum SEA Games dari masa ke masa, termasuk SEA Games ke-31 di Vietnam yang digelar 12-23 Mei 2022.

Sudah lima presiden pengganti Soeharto namun belum satupun yang bisa membawa Indonesia kembali masuk dalam daftar juara umum SEA Games.

Baca Juga: Daftar Cabang Olahraga yang Tidak Diikuti Indonesia di SEA Games 2022

Indonesia sebenarnya merupakan negara pendatang baru di SEA Games.

Indonesia baru bergabung di SEA Games pada tahun 1977.

Saat kali pertama berlaga di SEA Games, kontingen Indonesia langsung sukses menyabet gelar juara umum dengan mengumpulkan medali terbanyak.

Namun, dominasi Indonesia di sejarah daftar juara umum SEA Games mulai luntur setelah Soeharto lengser dari kursi kepresidenan Indonesia di masa Orde Baru.

Baca Juga: Mengenal Olahraga Xiangqi, Vovinam dan Kurash : Dipertandingkan di SEA Games 2022, Ganjar Tertarik Catur Gajah

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SMA Islam Jepara Rebut Trofi Bola Voli Wakil Gubernur

Selasa, 20 September 2022 | 17:44 WIB
X