Begini Perjuangan Ratu Parabadminton Leani Ratri Raih Tiga Medali Paralimpiade Tokyo

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 06:03 WIB
Atlat parabadminton Leani Ratri Oktila menunjukkan dua medali emas dan satu medali perah Paralimpiade Tokyo 2020 saat berkunjung ke PB Djarum Kudus, Rabu (6/10). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)
Atlat parabadminton Leani Ratri Oktila menunjukkan dua medali emas dan satu medali perah Paralimpiade Tokyo 2020 saat berkunjung ke PB Djarum Kudus, Rabu (6/10). (suaramerdeka.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Perjuangan Leani Ratri Oktila, ratu Parabadminton peraih tiga medali Paralimpiade Tokyo 2020 patut diacungi jempol. Tiga medali yang diraih Leani yakni dua emas di nomor ganda putri dan ganda campuran. Satu medali lainnya diraih atlet asal Solo dari nomor tunggal putri.

Di ajang Paralimpiade Tokyo 2020 yang digelar tahun 2021, Leani Ratri merupakan pemegang rangking 1 dunia di tiga nomor berbeda yakni tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Predikat mentereng itu ternyata bukan jaminan perjalanan Leani Ratri mulus menuju Tokyo. Persiapannya menuju Paralimpiade sempat terkendala lawan tanding (sparring partner) dan sponsorship. Terlebih anggaran yang dimiliki NPC (National Paralympic Committee) juga terbatas.

BACA JUGA : Voli Pantai Putri Juara Grup G, Ditarget Melaju Hingga Final di PON Papua

“Bulutangkis baru pertama kali dipertandingkan di Paralimpiade Tokyo 2020. Ini kesempatan pertama saya. Kami bersyukur akhirnya bisa berangkat setelah ada pihak yang membantu urusan akomodasi, salah satunya dari PB Djarum,” katanya saat berkunjung ke PB Djarum Kudus, Rabu (6/10).

Untuk menembus ajang Paralimpiade, Leani Ratri harus turun di sejumlah kejuaraan di luar negeri. Bahkan setelah namanya masuk dalam daftar Olimpian, Leani Ratri masih disibukkan dengan urusan mencari lawan tanding.

Dalam berlatih, Leani Ratri kerap ditemani Neny Nurinda, mantan atlet PB Djarum.

Ia juga mencari sparring partner hingga ke Solo dan Riau. Leani Ratri secara khusus datang ke PB Djarum, ditemani pengurus PBSI Jateng, untuk mengucapkan terima kasih karena banyak dibantu oleh klub yang bermarkas di Kudus itu.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin melihat Leani Ratri sebagai sosok atlet yang tangguh.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musprov, Andi Tamrin Pimpin Percasi Jateng

Rabu, 22 Juni 2022 | 19:14 WIB
X