Didukung Semen Gresik, Difabel Rembang Bersaing di Kompetisi Pemberdayaan Perempuan Internasional

- Rabu, 11 Agustus 2021 | 10:11 WIB
Saras Ningrum menunjukan salah satu penghargaan yang ia peroleh dan kerajinan yang dibuatnya berbahan limbah janggel (jagung). (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)
Saras Ningrum menunjukan salah satu penghargaan yang ia peroleh dan kerajinan yang dibuatnya berbahan limbah janggel (jagung). (suaramerdeka.com/Ilyas al-Musthofa)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com - Semen Gresik (SG) sebagai bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG Group) memberikan dukungan penuh kepada Saras Ningrum.

Ia adalah difabel wanita dari Kabupaten Rembang yang mendapatkan kesempatan bersaing di ajang Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards tahun 2021.

Saras adalah founder Janggel Jaya Craft (J2C), UMKM inklusif gender yang merekrut para disabilitas wanita dan kaum duafa, serta pionir penyerapan berton-ton limbah janggel (Bonggol Jagung) yang selama ini mencemari lingkungan.

Baca Juga: Apes, Pesan Tembakau Gorila Dikemas dalam Sabun Colek, Berakhir di Penjara

Dukungan dan pendampingan yang diberikan SG pada kiprah J2C adalah berkolaborasi dalam memajukan usaha, sekaligus mempromosikan prinsip ramah difabel dan pemberdayaan wanita serta pelestarian lingkungan.

Kepala Unit Komunikasi dan CSR SG Dharma Sunyata menilai, J2C layak mendapat apreasiasi dan support karena menerapkan prinsip-prinsip women empowerment (pemberdayaan perempuan), kesetaraan gender terhadap disabilitas, dan pelestarian lingkungan.

Baca Juga: Kapal Pengisi BBM Kandas di Banyutowo Sulit Dievakuasi, Begini Nasib Tujuh ABK

''J2C sangat memenuhi prinsip yang digaungkan UN Women sebagai entitas PBB untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Prinsip itu di antaranya perlakuan adil dalam pekerjaan, pendidikan dan pelatihan serta pengembangan usaha,'' kata Dharma dalam siaran persnya.

SG menilai, Saras dengan UMKM-nya sangat layak berkompetisi pada WEPs Awards 2021.

Ajang ini adalah penghargaan prestisius yang diberikan kepada pemimpin usaha dan perusahaan-perusahaan di Asia Pasifik termasuk Indonesia atas kontribusi dalam memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Orang Tewas Usai Pesta Miras di Cepu

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:21 WIB

4.150 Dosis Vaksin di Jepara Nyaris Kedaluwarsa

Kamis, 6 Januari 2022 | 10:31 WIB
X