Rangkuman Lengkap Dampak Banjir Pati, Dua Tewas dan Ratusan Rumah Rusak

- Jumat, 2 Desember 2022 | 21:48 WIB
Kondisi warga korban banjir di pengungsian. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)
Kondisi warga korban banjir di pengungsian. (suaramerdeka-muria.com/Beni Dewa)

PATI, suaramerdeka-muria.com – Kejadian yang terjadi pada Rabu (30/11) tak pernah dibayangkan sebelumnya oleh warga Desa Sinomwidodo, Kecamatan Tambakromo. Hujan deras yang menerjang Pegunungan Kendeng berujung petaka bagi warga di lereng gunung tersebut.

Air bah, secara cepat menerjang desa di Pati Selatan tersebut. Hanya berselang setengah jam, ketinggian air mencapai dua meter. Warga pun panik, harta benda tak lagi mereka pikirkan. Dalam pemikiran warga, bagaimana bisa menyelamatkan diri dari air yang terus naik.

Warga berupaya naik ke tempat tinggi. Satu lemari, bisa digunakan untuk sekeluarga. Ada pula yang sampai naik ke atas genting. Bagaimana tidak, rumah mereka telah sepenuhnya terendam banjir bandang.

Video seorang ibu yang naik ke atas genting dengan membawa anak balitanya viral di media sosial. Sementara di bawahnya sudah tampak air bah berwarna coklat pekat.

Beruntung saat itu upaya penyelamatan segera dilakukan. Sejumlah relawan dari berbagai instansi berdatangan untuk membantu percepatan evakuasi warga dari terjangan banjir bandang.

Kemarin, banjir telah mulai surut. Namun rupanya dampak kerusakan tak dapat dihindarkan. Dua orang warga setempat bahkan dilaporkan meninggal dunia akibat musibah tersebut. Perempuan berusia 60 tahun meninggal lantaran terjebak banjir di rumahnya yakni Sumirah, warga Dukuh Ledok, Desa Sinomwidodo.

“Sementara pada Kamis (1/12) pagi ini korban meninggal bertambah satu. Yakni Su’ami, perempuan berusia 60 tahun itu meninggal lantaran hipotermia. Dia dievakuasi dari rumahnya serta telah mendapatkan perawatan medis. Namun akhirnya menghembuskan nafasnya,” ungkap Camat Tambakromo, Mirza Nur Hidayat.

Baca Juga: Kalahkan Tuan Rumah, Persiku Jr Tampil Menjanjikan di Piala Soeratin 2022

Baca Juga: Awas Mangkrak Lagi, Jembatan Tepi Laut Sarang Baru Terprogres 20 Persen, Diwanti Jangan Lewat Tahun

Baca Juga: Tiga Sekolah Cetak Sejarah, Raih Adiwiyata Nasional Kategori Mandiri Pertama di Rembang

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mustasyar PCNU Jepara KH Ubaidilah Noor Umar Wafat

Kamis, 5 Januari 2023 | 19:31 WIB
X