KPU Buka Pendaftaran PPK, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

- Kamis, 17 November 2022 | 17:42 WIB
Pendaftaran PPK dan PPS Pemilu 2024: Ini Dokumen yang Wajib Dilengkapi dan Tata Cara Buat Akun SIAKBA (Laman SIAKBA)
Pendaftaran PPK dan PPS Pemilu 2024: Ini Dokumen yang Wajib Dilengkapi dan Tata Cara Buat Akun SIAKBA (Laman SIAKBA)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera membuka pendaftaran seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu Serentak 2024.

Ada mekanisme baru dalam pendaftaran PPK kali ini, dibanding pemilu sebelumnya, yaitu pelamar mendaftar melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (Siakba).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kabupaten Jepara Muhammadun menyampaikan, sesuai Keputusan KPU Nomor 438/2022, Siakba menjadi aplikasi yang di antaranya untuk memfasilitasi pendaftaran Badan Adhoc PPK dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

''Kami telah menyosialisasikan secara langsung ke perwakilan dari berbagai stakeholder dan organisasi. Harapan kami, ini nanti bisa tersampaikan ke masyarakat, khususnya ke para pelamar,'' kata Muhammadun dalam konferensi pers di Aula Maribu Jepara, Kamis (17/11/2022).

Ia juga berharap masyarakat yang berminat untuk mendaftar sebagai anggota PPK, bisa mempersiapkan diri, khususnya syarat administratif yang harus dipenuhi.

Terkait syarat-syarat pendaftaran, semuanya tertera dalam Pasal 35 PKPU Nomor 8/2022.

Baca Juga: Panasi Mesin Sebelum Piala Dunia, Tim-tim Asia Merana : Hasil Lengkap Pertandingan Uji Coba Jerman & Argentina

Baca Juga: Hasil Piala Dunia U20 Mini di Spanyol : Arab Saudi Kalah Telak vs Spanyol, Timnas Indonesia U20 vs Prancis

Syarat-syarat itu adalah warga negara Indonesia, berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945, mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mustasyar PCNU Jepara KH Ubaidilah Noor Umar Wafat

Kamis, 5 Januari 2023 | 19:31 WIB
X