Ada Nama dr HR Soeharto, Lima Tokoh Akan Mendapatkan Gelar Pahlawan Nasional: Ada Dari Maluku Utara dan Kalbar

- Kamis, 3 November 2022 | 15:43 WIB
Ilustrasi Pahlawan. (freepik/vintagepahlawanconcept/1036141 )
Ilustrasi Pahlawan. (freepik/vintagepahlawanconcept/1036141 )

JAKARTA, suaramerdeka-muria.com- Pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh, salah satunya almarhum DR. dr. H. R. Soeharto.

Lima tokoh yang bakal mendapatkan gelar pahlawan nasional tersebut berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

Kelima tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional itu antara lain berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Maluku Utara dan Kalimantan Barat.

Rencana penganugerahan gelar pahlawan nasional tersebut dikemukakan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Dilansir dari laman Sekretariat Kabinet RI, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menerima Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (3/11/2022).

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD selaku Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan dalam keterangannya usai pertemuan mengatakan, pemerintah akan menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada lima tokoh yang dipilih berdasarkan usulan masyarakat dan telah melalui sejumlah proses seleksi.

''Hari ini Bapak Presiden sesudah berdiskusi dengan kami, dengan Dewan Gelar dan Tanda-Tanda Kehormatan, itu memutuskan tahun ini memberikan lima (gelar pahlawan nasional) kepada tokoh-tokoh bangsa yang telah ikut berjuang mendirikan negara Republik Indonesia melalui perjuangan kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan-pembangunan sehingga kita eksis sampai sekarang sebagai negara yang berdaulat,” ujar Mahfud MD.

Kelima tokoh yang akan mendapat gelar pahlawan nasional adalah, almarhum DR. dr. H. R. Soeharto dari Jawa Tengah.

Almarhum DR. dr. H. R. Soeharto dinilai telah berjuang bersama Presiden Soekarno dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Terkini

Mustasyar PCNU Jepara KH Ubaidilah Noor Umar Wafat

Kamis, 5 Januari 2023 | 19:31 WIB
X