Info Penting, Cek NIK Berkala Jika Tak Ingin Dicatut Parpol

- Kamis, 15 September 2022 | 08:29 WIB
Komisioner KPU Pati mengklarifikasi warga yang merasa dicatut namanya oleh parpol dan pihak parpol bersangkutan. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)
Komisioner KPU Pati mengklarifikasi warga yang merasa dicatut namanya oleh parpol dan pihak parpol bersangkutan. (suaramerdeka-muria.com/Moch Noor Efendi)

PATI, suaramerdeka-muria.com - Untuk kali kesekian, KPU Pati mengajak masyarakat untuk mengecek nomor induk kependudukan (NIK) di laman KPU http: https://infopemilu.kpu.go.id/ secara bekala.

Itu untuk memastikan terdaftar sebagai anggota parpol atau tidak untuk Pemilu 2024.

Mengingat, belakangan tidak sedikit warga yang terdaftar sebagai anggota parpol, padahal dirinya tidak merasa menjadi bagian dari parpol.

Sejumlah warga yang NIK-nya dicatut parpol tertentu merasa dirugikan karena berbagai alasan, terutama karena profesinya.

"Silakan mengecek NIK secara online melalui https://infopemilu.kpu.go.id/ agar mengetahui terdaftar sebagai anggota parpol atau tidak. Kami menyarankan masyarakat untuk sering mengecek," ujar Komisioner KPU Pati Supriyanto di kantornya, Rabu (14/9).

Pengecekan secara berkala, menurutnya sangat diperlukan untuk kepentingan setiap warga.

Karena, dalam tahapan pendaftaran dan verifikasi keanggotaan parpol terdapat tiga kali proses.

Diawali dengan pendaftaran dan penyampaian dokumen pendaftaran oleh parpol pada 1-14 Agustus.

Tahapan itu dilanjutkan dengan verifikasi administrasi dokumen administrasi parpol, termasuk di dalamnya keanggotaan yang berakhir pada 14 September.

Baca Juga: Hasil Kualifikasi Piala Asia U20 2023 : Thailand Menang Telak, Skor 16-0 Tercipta, Tuan Rumah Laos Tersingkir

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB
X