Tanggapan Kemenag Atas Kasus Santri Gontor yang Meninggal Dunia Terkait Dugaan Kekerasan

- Selasa, 6 September 2022 | 21:41 WIB
Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur. (suaramerdeka-muria.com/Kemenag)
Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur. (suaramerdeka-muria.com/Kemenag)

Suaramerdeka-muria.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) menyampaikan tanggapan atas kasus santri meninggal dunia di Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur (Jatim).

Seorang santri Pesantren Darussalam Gontor meninggal dunia pada 22 Agustus 2022 lalu diduga karena ada tindak kekerasan yang dilakukan oleh kakak kelasnya.

Kemenag berharap kasus kekerasan di lembaga pendidikan agama dan keagamaan tidak terulang.

Kemenag juga akan segera menerbitkan regulasi sebagai langkah mitigasi dan antisipasi.

“Kekerasan dalam bentuk apa pun dan di manapun tidak dibenarkan. Norma agama dan peraturan perundang-undangan jelas melarangnya,” terang Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, dalam rilis yang ditayangkan di webset resmi Kemenag.

Pesan ini disampaikan Waryono saat dimintai tanggapan atas peristiwa yang dialami salah seorang santri Pesantren Darussalam Gontor, Ponorogo.

“Mewakili Kementerian Agama, kami sampaikan duka cita. Semoga almarhum husnul khotimah, dan keluarganya diberi kekuatan dan kesabaran. Kami juga berharap peristiwa memilukan seperti itu tidak terjadi lagi,” ungkap Waryono.

Sejak peristiwa ini mencuat, Direktorat PD Pontren segera berkoordinasi dengan Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur.

Pihak Kanwil selanjutnya menerjunkan tim dari Kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo untuk menemui para pihak dan mengumpulkan berbagai informasi di lokasi kejadian.

Baca Juga: Dinas Perhubungan : Tarif Angkutan di Rembang Tidak Naik, Tetap Rp 324 per Kilometer per Penumpang

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X