Kepala Pusdiklatnas: Pelatih dan Pembina Pramuka harus lebih smart

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 22:55 WIB
Peserta foto bersama disela sela kegiatan Pitaran Pelatih yang diselenggarakan Pusdiklatcab Kalingga Jepara di Pusdiklatnas Pramuka di Kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat(19/8). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)
Peserta foto bersama disela sela kegiatan Pitaran Pelatih yang diselenggarakan Pusdiklatcab Kalingga Jepara di Pusdiklatnas Pramuka di Kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat(19/8). (suaramerdeka-muria.com/Sukardi)

JAKARTA, suaramerdeka-muria.com - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jepara melalui Pusdiklatcab Kalingga Jepara menggelar Pitaran Pelatih Pembina Pramuka,  di Pusdiklatnas Pramuka di Kompleks Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Jumat(19/8).

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Ketua Binawasa Kwarcab Jepara yang diwakili Kepala Pusdiklatcab Kalingga Jepara Aditya Wisaksono.

‘’Pitaran pelatih merupakan salah satu metode pembelajaran bersama sekaligus implementasi dari Sistem Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka sesuai petunjuk pelaksanaannya dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,’’ ujar Kak Aditya Wisaksono.

Baca Juga: Juara Pramuka Garuda Berprestasi, Siswa SMPN 1 Rembang Wakili Penggalang ke Tingkat Kwarda Jateng

Dia menjelaskan, Pitaran Pelatih sesuai dengan Surat Keputusan Kwarnas No. 048 Tahun 2018 tentang Sistem Pendidikan dan Pelatihan Kepramukaan merupakan salah satu jenis pertemuan bagi Anggota Dewasa selain dari tiga pertemuan lainnya yaitu Karang Pamitran, Gelang Ajar, maupun Penyegaran Pelatih.

Kak Aditya Wisaksono, yang akrab disapa Kak Tiyok itu mengungkapkan "Pertemuan Pelatih ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas, kompetensi dan keterampilan khususnya dalam bidang diklat kepramukaan".

Pitaran Pelatih yang mengambil tema “Menjadi Pelatih Paripurna” diikuti 23 orang anggota Pelatih Kalingga Jepara masa bakti 2022 . Kegiatan dilaksanakan dalam dua sesi, yakni materi ruang dan materi lapangan untuk penghayatan pembinaan pramuka penggalang.

Sementara itu, sesi materi ruang menghadirkan narasumber Kepala Pusdiklatnas Kak Yana Suptiana dan Kepala Pusdiklatda Jateng Kak Mulyono. Kak Yana Suptiana mengingatkan kepada para peserta, agar pelatih dan pembina pramuka harus lebih siap, selalu meningkatkan kompetensi dan meng-upgrade informasi dan metode pendidikan kepramukaan.

"Kita patut berbangga dengan dijadikannya pendidikan kepramukaan menjadi ekstra wajib di tiap-tiap gugusdepan," ungkap KaPusdiklatnas itu. 

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mustasyar PCNU Jepara KH Ubaidilah Noor Umar Wafat

Kamis, 5 Januari 2023 | 19:31 WIB
X