Sorgum Jawaban Krisis Pangan Global, KSP Moeldoko Sebut Daerah Ini Cocok untuk Budidaya

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:47 WIB
KSP Moeldoko mencicipi menu olahan dari bahan dasar sorgum pada Festival Sorgum di SMK PGRI 2 Kudus, Jumat (12/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)
KSP Moeldoko mencicipi menu olahan dari bahan dasar sorgum pada Festival Sorgum di SMK PGRI 2 Kudus, Jumat (12/8). (suaramerdeka-muria.com/Saiful Annas)

KUDUS,suaramerdeka-muria.com – Pemerintah terus mendorong perluasan budidaya tanaman sorgum sebagai alternatif pangan pengganti gandum. Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko mengatakan, Pemerintah akan memanfaatkan tanah-tanah kering di Indonesia timur dan lahan eks tambang untuk budidaya sorgum.

Rencana itu disampaikan Moeldoko saat menghadiri Festival Sorgum di SMK 2 PGRI Kudus, Jumat (12/8).

Pada festival itu, siswa-siswi SMK 2 PGRI mengolah sorgum menjadi aneka menu makanan seperti kue, bubur sumsum, pisang goreng, bakwan jagung, hingga nasi goreng dari sorgum.

Baca Juga: Hadiri Festival Sorgum di Kudus, KSP Moeldoko Puji Kreasi Siswa SMK PGRI 2 Kudus

“Semua luar biasa rasanya. Kami semakin yakin sorgum ini akan menjadi alternatif pangan pengganti nasi dan sorgum. Di tengah krisis pangan global saat ini, maka sorgum bisa menjadi jawabannya,” katanya.

Moeldoko menambahkan, sorgum bukan bahan makanan baru bagi masyarakat Indonesia. Tanaman ini bahkan telah diukir pada relief di dinding candi Borobudur. Hal ini menandakan masyarakat Indonesia sudah tidak asing pada sorgum.

Hanya saja, semakin kesini ekosistem sorgum mulai budidaya hingga industrinya belum terbentuk. Melihat peluang ini, Pemerintah akan mendorong perluasan lahan budidaya jagung di tanah kering seperti di NTT dan lahan marginal seperti bekas tambang seperti di Bangka Belitung, Kalimantan, dan Sulawesi.

Baca Juga: Jokowi Tak Hadir di Jepara, Moeldoko Sampaikan Pesan Jokowi kepada Relawan : Ayo Tanam Sayuran

Tanaman sorgum, kata Moeldoko, cocok dibudidayakan di lahan seperti itu karena termasuk tanaman yang bandel. Selain bisa tumbuh di lahan kering dan tanah marginal, biji sorgum bisa diolah menjadi pengganti nasi dan tepung.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X