Pendaftaran Parpol Dimulai, Masyarakat Bisa Berikan Masukan Dengan Cara Ini

- Minggu, 31 Juli 2022 | 17:54 WIB
Pendaftaran Parpol peserta Pemilu tahun 2024 mulai 1 Agustus 2022 (Hariyadi)
Pendaftaran Parpol peserta Pemilu tahun 2024 mulai 1 Agustus 2022 (Hariyadi)

JEPARA, suaramerdeka-muria.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara mensosialisasikan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai Politik (parpol) peserta pemilu.

Ketua KPU Jepara Subchan Zuhri menyampaikan, pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 akan berlangsung pada 1-14 Agustus 2022.

Adapun pendaftaran dilakukan secara terpusat di KPU RI melalui Sistem Informasi Politik (Sipol).

Baca Juga: Grand Final Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Rembang 2022, Ini Daftar Pemenangnya

''KPU Jepara pada 18-27 Juli lalu telah melakukan kunjungan ke parpol-parpol yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jepara dalam rangka sosialisasi PKPU tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024 sekaligus untuk menguatkan komunikasi KPU dengan parpol,'' ungkap Subchan.

Ada 20 parpol yang dikunjungi, 15 di antaranya adalah parpol peserta pemilu Tahun 2019 dan lima parpol baru yang tercatat di Bakesbangpol yaitu, Partai Gelora, Partai Ummat, Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas), Partai Kedaulatan Rakyat (PKR), dan Partai Buruh.

Baca Juga: Pengadilan Agama Jepara Naik Kelas dari 1B Menjadi 1A, Ini Perbedaan dari Sebelumnya

Mereka juga diundang untuk mengikuti rapat koordinasi tahapan, verifikasi, dan penetapan parpol peserta Pemilu DPR dan DPRD. Dalam kesempatan itu, KPU juga mengundang Bawaslu, Kodim, Polres, dan Bakesbangpol Kabupaten Jepara dalam rapat koordinasi persiapan tahapan pendaftaran parpol.

''Dalam rakor tersebut, ada satu parpol yaitu Partai kebangkitan Nusantara (PKN) yang turut hadir. Sebelumnya tidak kami kunjungi karena memang tidak ada di data Bakesbangpol,'' terangnya.

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X