Empat Konsep Prasasti Alun-alun Lasem Masih Digodok

- Senin, 25 Juli 2022 | 19:09 WIB
Warga melintas di kawasan Alun Alun Kota Pusaka Lasem yang masih dalam tahap pembenahan beberapa hari lalu. Kawasan ini dirancang tidak memiliki kabel di atas. (suaramerdeka-muria.com/Mulyanto Ari Wibowo)
Warga melintas di kawasan Alun Alun Kota Pusaka Lasem yang masih dalam tahap pembenahan beberapa hari lalu. Kawasan ini dirancang tidak memiliki kabel di atas. (suaramerdeka-muria.com/Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com - Setidaknya empat komponen masyarakat Lasem sudah mengirimkan konsep tulisan prasasti Alun Alun Kota Pusaka Lasem.

Dari empat konsep itu, hanya satu yang akan dipilih untuk dipasang di prasasti.

Abdullah Hamid, salah satu partisipan konsep tulisan prasasti mengatakan sudah mengusulkan sejak rapat Rencana Aksi Kota Pusaka Lasem dengan Pemkab Rembang tahun 2015an.

Selain itu, konsep yang mengambil tema dari buku Carita Lasem itu juga pernah dirumuskan dalam rangka peringatan 1 Abad Pesantren Al Hidayat Lasem tiga tahun lalu.

''Yang perlu digarisbawahi, konsep tulisan yang kami usulkan sebagai bentuk partisipasi dan bukan untuk merasa paling benar. Penyampaian ke masyarakat juga kami usahakan hati-hati dengan bahasa yang diterima semua kalangan serta menghindari perdebatan yang tidak produktif,'' jelas pustakawan Masjid Jami' Lasem ini.

Dia menambahkan hingga kemarin pihaknya mendapatkan kabar sudah ada empat konsep yang masuk sebagai usulan prasasti Alun Alun Kota Pusaka Lasem.

Dia menyebut konsep siapapun yang terpilih, sepatutnya diterima oleh semua kalangan.

Baca Juga: Jalan Lingkar Rembang-Lasem Gagal, Proyek Alternatif Disiapkan Lewati Sungai Bagan

''Kami berharap ada konsep terbaik untuk Kota Pusaka Lasem,'' kata dia.

Sementara itu mendekati bulan Agustus, penataan Kawasan Kota Pusaka Lasem terus dikebut.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X