Iuran BPJS Ketenagakerjaan Rp 6.800/bulan, Manfaatnya Ada Beasiswa Rp 174 Juta 2 Anak : Tani, Ojek Ayo Ikut

- Senin, 25 Juli 2022 | 10:53 WIB
Pekerja bukan penerima upah (BPU) seperti ojek, pedagang dll bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Iuran murah dengan manfaat selangit. Ada beasiswa bagi anak. (suaramerdeka.com/BPJS Ketenagakerjaan)
Pekerja bukan penerima upah (BPU) seperti ojek, pedagang dll bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Iuran murah dengan manfaat selangit. Ada beasiswa bagi anak. (suaramerdeka.com/BPJS Ketenagakerjaan)

Suaramerdeka-Muria.com- Iuran yang dibayarkan peserta BPJS Ketenagakerjaan setiap bulannya ternyata relatif murah, bahkan untuk jaminan kematian (JKM) iuran hanya Rp 6.800/bulan dan manfaat yang bakal diperoleh sangat besar, Senin (25/7/2022).

Untuk bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan pun tidak harus pekerja kantoran, pekerja tidak tetap pun seperti petani, buruh tani, ojek, pedagang, pekerja serabutan bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dengan iuran Rp 6.800/bulan, peserta BPJS Ketenagakerjaan program jaminan kematian (JKM), keluarganya akan mendapat manfaat antara lain santunan kematian berupa uang tunai Rp 42 juta dan beasiswa pendidikan maksimal Rp 174 juta untuk 2 orang anak.

Baca Juga: Punya Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan? Begini Cara Menyelesaikannya

Dilansir dari laman BPJS Ketenagakerjaan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan terbagi dua kategori yakni pekerja penerima upah (PU) dan pekerja bukan penerima upah (BPU).

Pekerja penerima upah adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima gaji, upah, atau imbalan dalam bentuk lain dari pemberi kerja. Seperti pekerja kantoran atau buruh pabrik.

Sedangkan pekerja bukan penerima upah (BPU) merupakan orang perorangan yang melakukan kegiatan usaha secara mandiri untuk memperoleh penghasilan. Seperti wirausaha, freelancer dan kerja paroh waktu, pedagang, ojek online dan lain lain.

Baca Juga: Muncul Wacana Dana Desa Digunakan Bayar Tunggakan BPJS Warga, Bagaimana Caranya? 

Pekerja bukan penerima upah (BPU) bisa mendaftar BPJS Ketenagakerjaan menjadi peserta jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian (JKM), jaminan kecelakaan kerja (JKK).

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Sumber: BPJS Ketenagakerjaan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X