Muncul Wacana Dana Desa Digunakan Bayar Tunggakan BPJS Warga, Bagaimana Caranya?

- Minggu, 24 Juli 2022 | 13:59 WIB
Program BPJS mendengar. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)
Program BPJS mendengar. (suaramerdeka-muria.com/Ilyas al-Musthofa)

Suaramerdeka-muria.com - Di tengah gencarnya upaya perluasan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional oleh BPJS Kesehatan, muncul tantangan dan persoalan.

Di antaranya tunggakan iuran oleh warga Indonesia yang menjadi peserta.

Pekerja informal merupakan kalangan yang rentan menunggak.

Karena itu, pemerintah dan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara JKN disarankan membuat terobosan untuk membantu masyarakat berstatus pekerja informal.

Masukan tersebut disampaikan akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Abdillah Ahsan saat hadir dalam acara BPJS Kesehatan Mendengar Tahun 2022, seperti dilansir dalam laman bpjs-kesehatan.go.id.

Kegiatan yang berlangsung pada 21 Juli itu, untuk menjaring aspirasi dari pakar, akademisi, praktisi, dan perwakilan berbagai instansi di Indonesia.

Dia menyebut, improvisasi dan inovasi berkait kolektibilitas (status keadaan pembayaran) iuran JKN dibutuhkan agar pekerja informal dapat membayar iuran JKN dengan baik.

Baca Juga: Punya Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan? Begini Cara Menyelesaikannya

Menurutnya, jika berbagai upaya telah dilakukan dan hasilnya belum optimal, maka penting bagi BPJS Kesehatan mendapat dana tambahan untuk menjamin para peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) ini, misalnya melalui Dana Desa.

"Ada golongan hampir miskin, bukan miskin sehingga tidak masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sehingga untuk membayar iuran sekeluarga baginya berat. Dana Desa sebagai sumber dana yang mandatori ke suluruh desa bisa dipertimbangkan untuk membantu iuran JKN bagi mereka yang menunggak, atau yang belum terdaftar, atau sudah terdaftar tapi kesulitan membayar iuran," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ilyas al-Musthofa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Desa Kunir Jadi Kampung Siaga Bencana Pertama di Jepara

Selasa, 22 November 2022 | 18:19 WIB

Ketum PBNU Iringi Pemakaman Nyai Nafisah Sahal

Sabtu, 12 November 2022 | 18:41 WIB

Kunjungan Kapolri Silaturahmi Alim Ulama Rembang

Minggu, 30 Oktober 2022 | 16:30 WIB
X