Tidak Boleh Berdiri, Berikut Pantangan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Idul Adha

- Selasa, 5 Juli 2022 | 15:10 WIB
Mesin (gergaji) bengkok yang biasa  digunakan  produksi  mebel, dimanfaatkan untuk memotong motong tulang hewan kurban di Masjid Babussalam Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Selasa (20/7). (suaramerdeka.com/Sukardi)
Mesin (gergaji) bengkok yang biasa digunakan produksi mebel, dimanfaatkan untuk memotong motong tulang hewan kurban di Masjid Babussalam Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Selasa (20/7). (suaramerdeka.com/Sukardi)

suaramerdeka-muria.com – Ibadah kurban menjadi momentum untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta saat perayaan Hari Raya Idul Adha. Penyembelihan hewan kurban perlu mentaati adab tata cara, sekaligus menghindari pantangan penyembelihan hewan kurban.

Dengan melaksanakan adab tata cara dan menghindari pantangan penyembelihan hewan kurban, maka penyembelihan insyaallah sesuai dengan ajaran yang telah ditentukan.

Salah satu pantangan dalam ibadah kurban adalah larangan menyembelih hewan kurban dalam kondisi hewan masih berdiri. Dikutip dari Majelis Tarjih Muhammadiyah, ada sejumlah adab dan tata cara dalam penyembelihan hewan kurban.

Baca Juga: Muhammadiyah Kudus Tetapkan 35 Lokasi Salat Idul Adha 9 Juli, Berikut Daftarnya

Umat wajib memahami pantangan penyembelihan hewan kurban dan wajib tahu adab tata cara lengkap berkurban agar tak menjadikan ragu dalam menjalankannya.

Berikut adab tata cara penyembelihan hewan kurban dirangkum dari Majlis Tarjih Muhammadiyah

Dalam menyembelih, hendaknya yang menyembelih adalah shahibul kurban sendiri. itu jika yang berkurban mampu untuk melakukannya. Jika tidak, maka bisa diwakilkan kepada orang lain, namun shahibul kurban disyariatkan untuk ikut menyaksikan.

Gunakan pisau yang setajam mungkin. Semakin tajam semakin baik. ini berdasarkan hadis dari Syaddad bib Aus r.a bahwa Rasulullah SAW.

"Sesunggunya Allah mewajibkan berbuat Ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh, maka bunuhlah dengan ihsan. Jika menyembelih, sembelilah dengan ihsan. Hendaknya kalian membertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya." (HR Muslim).

Halaman:

Editor: Abdul Muiz

Sumber: Majelis Tarjih Muhammadiyah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X